SAR cari kapal motor tanpa nama tenggelam di Labuan Bajo

id Labuhan bajo,kapal tenggelam,labuan bajo,sar

SAR cari kapal motor tanpa nama tenggelam di Labuan Bajo

Tim SAR gabungan di Labuan Bajo sedang menuju lokasi kecelakaan kapal motor tanpa nama yang tengelam di perairan Pulau Pungu Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis. (ANTARA/HO-Basarnas Maumere)

...Tim SAR sudah menuju ke lokasi kejadian untuk melaksanakan operasi pertolongan dan pencarian terhadap para penumpang kapal motor yang dilaporkan tenggelam tersebut
Kupang (ANTARA) - Tim SAR gabungan mencari satu unit kapal motor tanpa nama dengan tujuh orang penumpang tenggelam setelah dihantam gelombang tinggi akibat angin kencang di perairan Pulau Pungu Besar Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere Mexianus Bekabel selaku SAR Mission Coordinator (SMC), Kamis, (2/3/2023) mengatakan, tim SAR gabungan di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat telah menuju ke lokasi kecelakaan untuk melakukan operasi pencarian dan pertolongan terhadap para penumpang.

Peristiwa tenggelamnya kapal motor tanpa nama itu menurut dia terjadi pada Kamis pukul 11.40 Wita pada koordinat 8°32'15.28"S - 119°47'32.66"E atau sekitar 5,61 nautical mile dari Pelabuhan Labuan Bajo ujung barat Pulau Flores. 

Kapal motor tanpa nama itu merupakan jenis kapal motor angkut penumpang antarpulau dengan rute Labuan Bajo - Seraya.

Kapal motor dengan tujuh orang penumpang itu dihantam gelombang tinggi di perairan Pulau Pungu Besar ketika sedang dalam pelayaran menuju Pulau Seraya.

"Tim SAR sudah menuju ke lokasi kejadian untuk melaksanakan operasi pertolongan dan pencarian terhadap para penumpang kapal motor yang dilaporkan tenggelam tersebut, operasi SAR dilakukan setelah Basarnas berkoordinasi dengan potensi SAR di daerah itu untuk melaksanakan operasi SAR secara bersama," ujarnya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere Mexianus Bekabel menjelaskan operasi SAR terhadap kecelakaan kapal motor tanpa nama di Labuan Bajo itu melibatkan tim SAR gabungan terdiri Kantor Basarnas Maumere lima orang,

Pos SAR Manggarai Barat dua orang, Syahbandar Manggarai Barat satu orang dari unsur TNI AL satu orang, Ditpolair Labuan Bajo satu orang.

 Baca juga: KSOP Labuan Bajo tunda keberangkatan kapal karena cuaca di perairan

Baca juga: ASDP Labuan Bajo utamakan keselamatan pelayaran saat cuaca ekstrem




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kapal motor tanpa nama tenggelam di perairan Labuan Bajo NTT