ASN Disdik di Kupang mulai masuk kantor pukul 05.30 WITA

id dinas pendidikan NTT,Kota Kupang,Masuk kantor jam 5.30,sekolah pukul 05.30,sekolah

ASN Disdik di Kupang mulai masuk kantor pukul 05.30 WITA

Sejumlah pegawai di dinas pendidikan dan kebudayaan NTT Mengikuti apel pagi di halaman kantor setempat. (ANTARA/Kornelis Kaha)

...Hari ini kami mulai terapkan masuk kantor pukulĀ  05.30 WITA bagi ASN khususnya di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, kata Kepala Dinas Pendidikan NTT Linus Lusi di Kupang, Senin, (6/3/2023)
Kupang (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur mulai menerapkan jam masuk kantor pukul 05.30 WITA bagi aparat sipil negara (ASN) yang bekerja di dinas itu.

"Hari ini kami mulai terapkan masuk kantor pukul  05.30 WITA bagi ASN khususnya di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT," kata Kepala Dinas Pendidikan NTT Linus Lusi di Kupang, Senin, (6/3/2023).

Dia mengatakan bahwa penerapan masuk kantor pukul 05.30 WITA menyesuaikan dengan jam masuk sekolah bagi SMA/SMK di Kota Kupang sebagai bagian dari upaya mendukung kebijakan Gubernur NTT Viktor B Laiskodat.

Disamping itu juga tambah Linus, penerapan ini dilakukan mengantisipasi terjadinya atau permintaan akan kebutuhan yang mendesak sejak subuh oleh sekolah-sekolah yang sudah menerapkan kebijakan itu.

"Jangan sampai saat pihak sekolah menghubungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan justru kantor dinas belum dibuka karena belum ada yang datang," ujar dia.

Dia mengatakan bahwa seluruh staf atau pegawai di dinas Pendidikan sudah siap dan menurutnya tak mempermasalahkan hal tersebut.

Selain itu juga terbukti dari kehadiran penerapan masuk kantor pukul 05.30 WITA, 98 persen pegawai yang bekerja di dinas Pendidikan NTT itu hadir semua.

"Ada beberapa yang tidak hadir hari ini karena sejak Minggu kemarin, sudah berangkat dinas ke kabupaten lain," ujar dia.

Lebih lanjut kata dia, Dinas Pendidikan NTT akan memulai awal masuk kantor pukul 05.30 WITA bagi ASN dan jika sudah ada pemantauan dan dinilai baik maka perlahan-lahan akan diterapkan ke instansi lain.

Walaupun masuk kerja di pukul 05.30 WITA, jam pulang ujar dia tidak berubah yakni tetap sama pukul 16.00 WITA. Dan penerapan masuk kantor pukul 05.30 WITA itu pertama kali ada di dunia dan Indonesia.

Pemerintah Provinsi NTT sebelumnya telah mengeluarkan kebijakan agar aktivitas sekolah dimulai pukul 05.00 WITA. Namun dalam perjalanan banyaknya kritikan membuat pemerintah mengubahnya menjadi 05.30 WITA.

Setelah merasa pas, kini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT juga menerapkan masuk kantor pukul 05.30 WITA.

Baca juga: Pelajar SMA di Kupang masih kesulitan sesuaikan waktu belajar dan tidur

Baca juga: DPRD NTT: Tidak boleh ada intimidasi dalam penerapan KBM jam 5.30 pagi







Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ASN Dinas Pendidikan di Kupang mulai masuk kantor pukul 05.30 WITA