Polres Kupang gelar operasi miras jelang perayaan Paskah 2023

id NTT,operasi miras,kasus kdrt,kapolres kupang

Polres Kupang gelar operasi miras jelang perayaan Paskah 2023

Kapolres Kupang, Polda Nusa Tenggara Timur AKBP FX Irwan Irianto (ANTARA/Benny Jahang)

Triwulan pertama tahun 2023 ditemukan adanya peningkatan aksi kejahatan di wilayah hukum Kabupaten Kupang, pemicu karena minuman keras...
Kupang (ANTARA) - Kepolisian Resort Kupang mulai mengelar operasi minuman keras guna menciptakan kondisi yang aman menjelang hari raya Paskah  2023 di wilayah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Empat pekan menjelang hari raya Paskah tahun  2023,  Kepolisian Resor Kupang semakin gencar meningkatkan kegiatan rutin kepolisian dengan menggelar operasi minuman keras  yang bisa memicu adanya kasus-kasus kriminal yang dapat memicu adanya gangguan keamanan di tengah masyarakat," kata Kapolres Kupang, AKBP FX Irwan Irianto di Kupang, Jumat, (10/3/2023).

Kapolres Kupang AKBP FX. Irwan Arianto mengatakan telah memerintahkan para Kepala Satuan (Kasat) dan Kapolsek  untuk secara serentak menggelar operasi tersebut demi cipta kondisi menjelang Operasi Samana Santa tahun 2023 yang digelar selama lima belas hari mulai hari ini Kamis  9 Maret hingga 20 Maret 2023.

Ia mengatakan operasi miras dilakukan karena pada triwulan pertama tahun 2023  ditemukan adanya peningkatan aksi kejahatan yang terjadi di wilayah hukum Polres Kupang karena dipicu minuman keras (miras).

"Pada Triwulan pertama tahun 2023 ditemukan adanya peningkatan aksi kejahatan di wilayah hukum Kabupaten Kupang, pemicu karena minuman keras," kata Kapolres Irwan Irianto.

Kejahatan yang dimaksudkan menurut Kapolres Irwan Irianto pada tiga tindak pidana yaitu kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), penganiayaan dan pengeroyokan.

" Kejahatan itu ada tiga terdiri dari kasus  KDRT, aniaya dan pengeroyokan, " kata mantan Kapolres Sumba Barat itu.

Ia mengatakan sesuai data kasus yang ditangani Satuan Reskrim Polres Kupang bahwa 70 persen pelaku kasus KDRT, penganiayaan dan pengeroyokan dipicu minuman keras.

"Kami tidak ingin kasus-kasus kriminal seperti terus terjadi di Kabupaten Kupang sehingga operasi penertiban miras menjadi salah satu solusi dalam mengantisipasi adanya kasus-kasus kriminal di daerah itu," kata Kapolres FX Irwan Irianto.


Baca juga: Polisi: Oknum polisi tipu calon bintara Polri dijatuhi dua sanksi

Baca juga: Polisi tetapkan pemegang kunci BTS jadi tersangka pencurian baterai