Pemkot Kupang ingatkan warga terus jaga toleransi beragama

id NTT,hari nyepi,kota toleransi,kota kupang

Pemkot Kupang ingatkan warga terus jaga toleransi beragama

Penjabat Wali Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur George Melkianus Hadjoh (ANTARA/Benny Jahang)

Kota Kupang telah ditetapkan sebagai kota toleransi karena memiliki toleransi yang tinggi sehingga semangat itu harus terus dipertahankan secara baik dalam kehidupan masyarakat...
Kupang (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), George Melkianus Hadjoh minta warga daerah itu untuk terus mempertahankan semangat toleransi hidup beragama yang telah dijaga dengan baik selama ini karena memiliki toleransi yang tinggi.

"Kota Kupang telah ditetapkan sebagai kota toleransi karena memiliki toleransi yang tinggi sehingga semangat itu harus terus dipertahankan secara baik dalam kehidupan masyarakat," kata Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh di Kupang, Rabu, (22/3/2023).

Ia mengatakan hal itu terkait perayaan Hari Raya Nyepi di Kota Kupang yang dimulai dengan adanya pawai ogoh-ogoh yang dilakukan umat Hindu di Kota Kupang

Semakin banyaknya kegiatan keagamaan yang dilakukan umat beragama di Kota Kupang, katanya, membuktikan kalau daerah ini merupakan miniatur Indonesia yang menjunjung tinggi keberagaman antar-umat beragama.

"Pemerintah Kota Kupang menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Nyepi kepada seluruh umat Hindu di daerah ini. Kami mengapresiasi karena dalam pelaksanaan pawai ogoh-ogoh juga diikuti umat beragama lain. Itulah kota Kupang yang sangat menghargai keberagaman," kata George Melkianus Hadjoh.

Ia mengatakan perayaan Nyepi tahun 2023 merupakan momentum yang sangat indah karena bertepatan dengan dimulainya bulan suci Ramadhan bagi umat Muslim dan saat ini umat Katolik sedang menjalani masa pra Paskah.

Dia menegaskan perayaan kegiatan keagamaan yang dilakukan seperti pawai ogoh-ogoh pada Selasa (21/3) petang menjadi perekat persaudaraan dalam kerukunan hidup beragama di Kota Kupang yang terus dipertahankan.

"Kegiatan yang bernuansa keagamaan seperti ini akan menjadi agenda tahunan yang dilakukan di Kota Kupang dalam memperingati hari keagamaan apapun sebagai kota yang menjunjung tinggi semangat toleransi antar umat beragama," katanya. 

Ia juga mengapresiasi berbagai pihak yang telah memasang penjor dengan aneka lampu hias di sepanjang ruas Jalan El Tari Kupang dalam rangka memperingati Nyepi 2023, yang juga memperindah Kota Kupang terutama pada malam hari.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham NTT berikan remisi Nyepi 2023 kepada Tiga WBP

Baca juga: Wali Kota ajak jajaran Polda NTT jadi bapak asuh anak stunting