Ribuan pemudik tiba di pelabuhan Tenau Kupang pada H-8 Idul Fitri

id Pemudik, NTT,Kota Kupang,Arus mudik

Ribuan pemudik tiba di pelabuhan Tenau Kupang pada H-8 Idul Fitri

Sambil memikul barang bawaan pemudik turun dari KM Bukit Siguntang saat tiba di pelabuhan Tenau Kupang, NTT, Jumat (14/4/2023). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Sore ini diperkirakan ada sekitar 1.500 pemudik yang tiba di pelabuhan Tenau Kupang...
Kupang (ANTARA) - Posko terpadu arus mudik Pelabuhan Tenau Kupang melaporkan H-8 Idul Fitri 1444 Hijriah sebanyak 1.000'an pemudik tiba di pelabuhan Tenau Kupang menggunakan KM Bukit Siguntang pada Jumat sore.

“Sore ini diperkirakan ada sekitar 1.500 pemudik yang tiba di pelabuhan Tenau Kupang,” kata Kepala Posko Terpadu Angkutan Laut Pelabuhan Tenau Kupang Ison Hendrasto saat ditemui di Posko pelabuhan Tenau Kupang, Jumat, (14/4/2023) sore.

Pihaknya memprediksi bahwa puncak arus mudik melalui pelabuhan Tenau Kupang itu terjadi pada Jumat ini, karena jumlah pemudiknya yang tiba cukup signifikan.

Selain itu juga jumlah pemudik yang berangkat melalui pelabuhan itu juga ujarnya mencapai 1.900 pemudik dengan tujuan paling banyak adalah ke Makassar.

Ison yang juga adalah Kepala KSOP Kupang pun menilai pada arus mudik Idul Fitri 1444 hijriah kali ini jumlah pemudik terbilang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini karena berbagai aturan soal COVID-19 bagi pelaku perjalanan sudah dicabut oleh pemerintah pusat setelah kasus COVID-19 melandai.

Sementara itu Kepala Pelni Cabang Kupang Harianto Sembiring mengatakan bahwa pihaknya justru memprediksi puncak arus mudik di pelabuhan Tenau Kupang akan terjadi pada Senin (17/4).

Hal ini karena pada Senin (17/4) akan ada kapal KM Umsini yang mampu menampung 2.000 pemudik keluar dari wilayah pulau Timor.

“Kami prediksi puncak arus mudiknya pada Senin pekan depan,” tegas dia.

Baca juga: Pelni siapkan armada layani pemudik di NTT

Baca juga: Pelni prediksi puncak arus mudik di Kupang terjadi Senin 17 April 2023



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ribuan pemudik tiba di pelabuhan Tenau pada H-8 Idul Fitri