Rakyat Rusia-Ukraina harus berjuang mengembalikan perdamaian, kata pemimpin Gereja Ortodoks

id Rusia-Ukraina,Gereja Ortodoks Rusia,Patriark Kirill,Paskah

Rakyat Rusia-Ukraina harus berjuang mengembalikan perdamaian, kata pemimpin Gereja Ortodoks

Arsip - Jemaat Kristen Ortodoks menyalakan lilin saat mengikuti ibadah Malam Natal di Gereja Ortodoks Rusia St. Vladimir, Bekasi, Jawa Barat, (6/1/2023). . ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

...Kejadian memilukan, yang bahkan bisa digambarkan sebagai perseteruan internal, sedang terjadi di tanah Rusia kita yang bersejarah. Saya meminta kepada semua orang Rusia dan Ukraina, terutama mereka yang terseret dalam konflik ini: dengan kekuatan
Moskow (ANTARA) - Rakyat Rusia dan Ukraina mesti berjuang sekuat tenaga untuk mengembalikan perdamaian di Ukraina sesegera mungkin, kata pemimpin Gereja Ortodoks Rusia (ROC), Patriark Moskow dan Seluruh Rusia Kirill.

Kirill menyampaikan hal tersebut pada Minggu (16/4) saat peringatan Malam Paskah di Gereja Katedral Kristus Sang Juru Selamat, Moskow.

"Kejadian memilukan, yang bahkan bisa digambarkan sebagai perseteruan internal, sedang terjadi di tanah Rusia kita yang bersejarah. Saya meminta kepada semua orang Rusia dan Ukraina, terutama mereka yang terseret dalam konflik ini: dengan kekuatan doa, amal baik, dan niat yang mulia, kita harus melakukan segalanya agar konflik ini dapat segera dihentikan," kata Kirill.

Sang Patriark juga berharap agar rakyat Rusia dan Ukraina dapat memulihkan "perdamaian dan kehidupan berdampingan yang harmonis, serta ikatan persaudaraan yang kuat di antara bangsa kita, yang dahulu pernah bersatu di bawah satu bangsa yang mendiami satu negeri Rus."

"Doa khusus hari ini adalah tentang hal tersebut, dan saya mengajak Anda semua untuk turut berdoa," katanya, menambahkan.

Paskah adalah hari raya utama bagi umat Kristen di seluruh dunia untuk memperingati peristiwa penting dalam sejarah Kekristenan - kebangkitan Yesus Kristus dari kematian.

ROC menetapkan tanggal peringatan Paskah berdasarkan penanggalan matahari dan bulan. Pada 2023, Paskah Ortodoks ditentukan jatuh pada 16 April.

Sumber: TASS-OANA

Baca juga: Uni Eropa kutuk ancaman Rusia terhadap Mahkamah Pidana Internasional
Baca juga: Rusia tingkatkan produksi senjata akurasi tinggi








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rusia dan Ukraina harus berjuang demi perdamaian, seru Gereja Ortodoks