PLN NTT hadirkan tiga stasiun penyedia listrik untuk kapal nelayan

id stasiun penyedia listrik kapal sandar,spliks,pembangunan listrik ntt,listrik untuk kapal,listrik untuk nelayan,pln

PLN NTT hadirkan tiga stasiun penyedia listrik untuk kapal nelayan

Salah satu fasilitas Stasiun Penyedia Listrik Kapal Sandar (Splik) yang dihadirkan PLN Unit Induk Wilayah NTT di tiga daerah yaitu Kabupaten Flores Timur, Rote Ndao, dan Kupang. (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT)

...Spliks ini berbeda dengan Anjungan Listrik Mandiri (Alma) karena memiliki modul khusus yang digunakan untuk transaksi
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur menghadirkan tiga unit fasilitas stasiun penyedia listrik kapal sandar (Spliks) untuk memenuhi kebutuhan energi listrik bagi kapal penumpang maupun kapal nelayan di provinsi setempat.

"Tiga unit Spilks kami hadirkan di Kabupaten Flores Timur, Rote Ndao, dan Kupang untuk memenuhi kebutuhan energi listrik bagi kapal-kapal saat berlabuh di pelabuhan setempat," kata General Manager PLN UIW NTT I Gede Agung Sindu Putra di Kupang, Jumat, (28/4/2023).

Ia menjelaskan, fasilitas Spilks berfungsi sebagai stasiun pengisian daya (charging station) untuk melistriki kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan.

Fasilitas ini, kata dia, bermanfaat bagi pemilik kapal dalam penghematan pemakaian bahan bakar minyak jenis solar, pemeliharaan genset, maupun membantu pemerintah mengurangi beban subsidi solar.

"Spliks ini berbeda dengan Anjungan Listrik Mandiri (Alma) karena memiliki modul khusus yang digunakan untuk transaksi," katanya.

Sindu mengatakan, Spilks merupakan wujud dari transformasi PLN pilar customer focused melalui inovasi Program Electrifying Marine guna meningkatkan pelayanan listrik di sektor kelautan dan perikanan yang lebih mudah, terjangkau, dan handal.

Fasilitas itu, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan aspek kelestarian lingkungan dan konservasi energi karena dapat mengganti kebutuhan sumber energi pelabuhan yang selama ini bergantung pada ganset menjadi energi ramah lingkungan.

"Ini bagian usaha PLN mendorong transisi energi bersih dan mengurangi emisi karbon dan mengurangi efisiensi biaya operasional untuk kapal-kapal yang bersandar baik kapal ikan, kapal penumpang, kapal wisata, dan lainnya," katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi mengapresiasi inovasi PLN dalam mendukung pengembangan pelabuhan laut yang ramah lingkungan atau green port.

"Kehadiran Spilks ini tentu akan mendorong perekonomian terutama para nelayan yang bisa menghemat biaya operasional untuk bahan bakar minyak," katanya.

Doris berharap, PLN terus menggandeng pemerintah daerah setempat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pelayanan listrik yang andal maupun berbagai program pemberdayaan ekonomi lain.

Baca juga: PLN pastikan kehandalan listrik Labuan Bajo untuk ASEAN Summit

Baca juga: PLN sediakan tujuh SPKLU untuk mendukung KTT ASEAN di Labuan Bajo






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PLN NTT hadirkan tiga stasiun penyedia listrik untuk kapal