Gubernur Laiskodat dorong pembangunan bandara di Pulau Adonara

id pulau adonara,pembangunan bandara,bandara pulau adonara,bandara di ntt,pembangunan transportasi ntt,gubernur ntt,flores

Gubernur Laiskodat dorong pembangunan bandara di Pulau Adonara

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (kedua kanan) didampingi Penjabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi (kanan) berdiskusi dengan warga dalam kunjungan kerja di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Kamis (27/4/2023). (ANTARA/HO-Biro Humas Setda Provinsi NTT)

...Sangat penting untuk membangun bandara di Pulau Adonara untuk membantu melayani transportasi di kawasan Flores Timur, Lembata, maupun Alor
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mendorong pembangunan bandar udara (bandara) di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, untuk meningkatkan akses transportasi di daerah setempat.

"Sangat penting untuk membangun bandara di Pulau Adonara untuk membantu melayani transportasi di kawasan Flores Timur, Lembata, maupun Alor," katanya dalam siaran pers biro Humas Setda Provinsi NTT yang diterima di Kupang, Jumat, (28/4/2023).

Ia menyampaikan hal itu dalam pertemuan bersama warga ketika melakukan kunjungan kerja ke Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur.

Ia mengatakan, Pulau Adonara memiliki potensi keindahan alam yang eksotis berupa gunung yang indah serta pantai dan laut yang memikat.

Oleh sebab itu, kata dia, dibutuhkan infrastruktur bandara untuk menunjang pengembangan potensi pariwisata dan sektor lainnya di Pulau Adonara.

"Kami ingin  runway bandara yang dibangun mencapai 3.000 meter sehingga bisa dilandasi pesawat wide body," katanya.

Menurut dia, jika bandara bisa dibangun di Pulau Adonara,  akan mendukung pariwisata selain Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat dan juga kabupaten lainnya di Pulau Flores dan berdampak positif pada peningkatan ekonomi daerah.

Masyarakat, kata dia, juga harus bisa siap untuk berbagai hal seperti kebersihan lingkungan, meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, dan lainnya.

"Hal ini penting bagi kita untuk membantu memberikan pelayanan bagi pengunjung dari luar negeri yang datang," katanya

Dalam kunjungannya, Gubernur NTT juga menyambangi Kampung Kreatif Desa Pledo, Kecamatan Witihama, untuk bertatap muka dengan warga setempat.

Ia juga mendorong pentingnya membangun generasi kelompok perempuan yang berkualitas dan mampu menjadi kader pembangunan untuk dapat dapat mendukung program pemberdayaan bagi kesejahteraan masyarakat.


Baca juga: Bandara Adonara terhambat lahan

Baca juga: RS di Pulau Adonara belum beroperasi karena ketiadaan Alkes