SME's HUB ASEAN Summit, Momentum UMKM Pertamina Menuju Pasar Dunia

id umkm pertamina,asean

SME's HUB ASEAN Summit, Momentum UMKM Pertamina Menuju Pasar Dunia

Produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan PT Pertamina (Persero). ANTARA/HO-PT Pertamina (Persero)

"Peminat mutiara di Asia Tenggara lumayan besar.
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) mendorong UMKM binaannya menuju pasar dunia, salah satu upayanya melalui partisipasi pada perhelatan Side Event SME’s HUB ASEAN SUMMIT yang digelar pada  9 - 13 Mei 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

SME’s HUB ASEAN Summit sendiri merupakan side event ASEAN SUMMIT yang secara khusus menjadi ajang kegiatan bagi para pelaku UMKM untuk memamerkan karya kreatifnya, sekaligus menjual produk unggulannya kepada para Delegasi ASEAN SUMMIT.

Pertamina menghadirkan produk unggulan 8 UMKM di sektor craft dan produk unggulan 8 UMKM di sektor makanan yang berasal dari Rumah BUMN (RB) Lombok Timur dan RB Klungkung, Bali, serta eksposure kegiatan CSR Pertamina.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam keterangannya di Kupang, Selasa mengatakan pada forum bergengsi itu, Pertamina menghadirkan produk unggulan delapan UMKM di sektor kerajinan dan delapan UMKM sektor makanan dari Rumah BUMN (RB) Lombok Timur, NTB, dan RB Klungkung, Bali, serta eksposur kegiatan CSR Pertamina.

Menurut dia, melalui kegiatan SME’s Hub itu, pelaku UMKM mendapat kesempatan bertemu dan berdiskusi langsung dengan para delegasi dari negara-negara ASEAN dalam upaya memperluas jaringan bisnisnya.

SME's Hub, lanjutnya, juga menjadi momen tepat bagi pelaku UMKM memperkenalkan produk-produknya ke pasar dunia, sehingga mampu meningkatkan daya saing di pasar global.

UMKM binaan Pertamina juga memperkenalkan berbagai produk unggulan seperti kerajinan mutiara, anyaman bambu, kain tenun, kerajinan tangan berbahan dasar kain goni, kipas lukis, dan aneka produk makanan khas Lombok.

Baca juga: Artikel - Senyum dari Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara
Baca juga: Pertamina tambah pasokan BBM dukung pelaksanaan KTT ASEAN


UMKM binaan Pertamina, D'etnic Istana Mutiara Lombok hadir dengan produk unggulannya dengan tetap memunculkan identitas sebagai kerajinan bernuansa etnik.

"Peminat mutiara di Asia Tenggara lumayan besar. Buyer kami sekitar 70 persen berasal dari Asia Tenggara seperti Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia, sehingga ajang ini tidak boleh kami sia-siakan," ujar Janual Aidi, pemilik D'etnic.

Sementara, EthneeQ dan Uwais Craft memproduksi tas berbahan dasar kain goni serta kain Nusantara sebagai kombinasi guna menonjolkan budaya Indonesia.

Sedangkan, UMKM Sinar Pande menawarkan berbagai macam kerajinan mulai dari lukisan wayang khas Kamasan, kipas lukis, hingga suvenir.

Baca juga: Pertamina pastikan pasokan BBM tak terganggu akibat peristiwa kereta anjlok

Kehadiran berbagai kerajinan tangan yang kaya akan kearifan lokal ini akan semakin menyemarakkan kekayaan budaya Indonesia.

Tidak kalah memukau, UMKM Sinar Pande menawarkan berbagai macam kerajinan mulai dari lukisan wayang khas Kamasan, kipas lukis, hingga souvenir. Semakin kehadiran berbagai kerajinan tangan yang kaya akan kearifan lokal ini semakin menyemarakkan kekayaan budaya Indonesia.

Sementara di sektor makanan menghadirkan produk unggulan hasil dari olahan rumput laut, kacang mete, sambel khas lombok, kripik pisang, black garlic, bawang nunggal yang di kombinasikan dengan madu, dan kripik brownis.