BPBD NTT dorong peningkatan mitigasi karhutla di Pulau Sumba

id Karhutla ntt, karhutla pulau sumba, dampak kemarau, karhutla, sumba timur, pulau sumba, ntt

BPBD NTT dorong peningkatan mitigasi karhutla di Pulau Sumba

Ilustrasi - Kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Ile Mandiri, Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

...Teman-teman pemerintah daerah di Sumba Timur perlu memberikan perhatian supaya petani kita jangan mudah membakar lahan
Kupang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur mendorong upaya peningkatan mitigasi kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba.

"Dari catatan kami, selama periode Januari-Maret 2023, luas lahan terdampak karhutla di NTT yang mencapai 99,06 hektare, lebih banyak di Sumba Timur mencapai 44,68 hektare, sehingga langkah mitigasi perlu ditingkatkan di sana," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTT Ambrosius Kodo ketika dihubungi di Kupang, Sabtu, (27/5/2023).

Ia menyebutkan wilayah lain yang juga mengalami kahutla pada periode yang sama yaitu Kabupaten Manggarai Barat 20,32 ha, Timor Tengah Utara 17,25 ha, Flores Timur 12,52 ha, dan Alor 4,28 ha.

Ambrosius mengatakan, wilayah Sumba Timur lebih banyak terdampak karhutla sehingga upaya mitigasi perlu ditingkatkan terutama melalui edukasi untuk membangun kesadaran warga setempat.

"Teman-teman pemerintah daerah di Sumba Timur perlu memberikan perhatian supaya petani kita jangan mudah membakar lahan," katanya.

Lebih lanjut, Ambrosius mengatakan musim kemarau di NTT pada 2023 ini diperkirakan akan lebih kering dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dengan demikian, kata dia, potensi karhutla juga semakin tinggi dan api bisa dengan cepat meluas dengan dukungan angin kencang yang bersifat kering.

Ia mengimbau warga agar meminimalisir tindakan membuka lahan dengan cara membakar. Jika memang harus membakar lahan untuk berkebun, kata dia, maka perlu dipastikan lahan dengan baik agar api tidak merambat secara luas.

Selain itu, ia melanjutkan, warga juga perlu menghindari tindakan membuang puntung rokok di area terbuka yang terdapat tumpukan daun atau rumput kering yang mudah tersambar api.

"Tindakan-tindakan pencegahan ini yang perlu terus disosialisasikan kepada masyarakat agar mereka lah semestinya berperan aktif mencegah karhutla," katanya.

Baca juga: Semua daerah di NTT sangat mudah terjadi karhutla

Baca juga: 99 hektare lahan di NTT terbakar selama Januari hingga Maret 2023