Dua puskesmas dibangun di perbatasan Kupang dan Oecusse

id NTT,puskesmas,kabupaten kupang,Oecusse Timor Leste

Dua puskesmas dibangun di perbatasan  Kupang dan Oecusse

Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur telah membangun dua puskesmas untuk kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kecamatan Amfoang Utara dan Amfoang Timur yang berbatasan dengan wilayah Distrik Oecusse , Timor Leste. (FOTO ANTARA/HO-Prokompim Setda Kabupaten Kupang/2023)

Keberadaan RSP itu nantinya tentu sangat membantu masyarakat Amfoang untuk mendapatkan akses layanan kesehatan yang lebih baik...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) membangun dua pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) untuk kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kecamatan Amfoang Utara dan Amfoang Timur, yang berbatasan dengan Distrik Oecusse, Timor Leste.

"Kami sangat bersyukur proses pembangunan dua puskesmas ini bisa berlangsung dengan cepat sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pelayanan kesehatan," kata Bupati Kupang Korinus Masneno  dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Kupang yang diterima, Minggu (18/6) 2023.

Dua puskesmas yang telah diresmikan yakni Puskesmas Naikliu di Kecamatan Amfoang Utara dan Puskesmas Oepoli di Kecamatan Amfoang Timur.

Menurut Bupati demi tercapainya peningkatan akses layanan kesehatan dasar yang berkualitas bagi semua masyarakat di Kabupaten Kupang, maka pada 2022 pemkab melalui Dinas Kesehatan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan dua puskesmas itu.

Pembangunan dua puskesmas itu, kata dia, agar semua masyarakat di Kecamatan Amfoang Utara maupun Amfoang Timur bisa merasakan dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai standar fasilitas kesehatan nasional seperti yang dialami dan dirasakan oleh masyarakat perkotaan.

Ia menambahkan Pemkab Kupang juga segera membangun Puskesmas Soliu di Kecamatan Amfoang Barat Laut sehingga sehingga pelayanan kesehatan masyarakat di daerah itu juga bisa berjalan dengan baik dan efektif.

Pemerintah pusat, kata dia, juga segera membangun Rumah Sakit Pratama berlokasi di Desa Kolabe, Kecamatan Amfoang Utara dengan alokasi anggaran Rp70 miliar.

"Ini merupakan Rumah Sakit Pratama (RSP) yang dibangun untuk pertama di Kabupaten Kupang. Kami berterima kasih kepada masyarakat Amfoang yang telah menyerahkan tanahnya seluas delapan hektar untuk pembangunan RSP ini dengan anggaran lebih kurang sebesar 70 miliar," katanya..

Dia mengatakan pembangunan RSP bertujuan untuk memudahkan masyarakat mengakses pelayanan perawatan fasilitas kesehatan tingkat lanjutan terutama bagi yang membutuhkan pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat serta pelayanan penunjang lainnya.

"Keberadaan RSP itu nantinya tentu sangat membantu masyarakat Amfoang untuk mendapatkan akses layanan kesehatan yang lebih baik," demikin Korinus Masneno.

Baca juga: Pemkab Manggarai Barat perkuat layanan kesehatan tekan AKI/AKB

Baca juga: Dinas Kesehatan Nagekeo minta fasilitas kesehatan awasi penggunaan obat sirop






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dua puskesmas dibangun di perbatasan Kabupaten Kupang-Timor Leste