Pemkab Kupang luncurkan beras produksi Kupang

id NTT,produksi beras,bupati kupang

Pemkab Kupang luncurkan beras produksi Kupang

Bupati Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Korinus Masneno (ANTARA/Benny Jahang)

Memproduksi beras dalam kemasan yang baik merupakan suatu kebanggaan sekaligus mendorong semangat pasar sebagai daerah produksi pangan di Kabupaten Kupang...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, meluncurkan dua produk beras unggulan produksi Kupang bermerek " Beras Opa Taklale dan beras Laheroi" sebagai upaya memperkuat sektor ekonomi masyarakat.

"Produk beras Kupang ini mampu membangkitkan ekonomi daerah yang sempat anjlok saat masa pandemi dan kondisi fluktuatif harga komoditas pangan strategis sehingga dibutuhkan lebih banyak inovasi dan terobosan untuk dapat memastikan ketersediaan pangan berkelanjutan," kata Bupati Kupang Korinus Masneno di Kupang, Minggu, (13/8/2023).

Ia mengatakan semakin meningkatnya daya beli masyarakat dan menjaga stabilitas harga pangan strategis di pasaran maka laju inflasi juga bisa dikendalikan.

Korinus Masneno mengatakan berbagai upaya pemerintah dalam membangun sektor pertanian bertujuan untuk membangun semangat dan motivasi para petani untuk bangkit dan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki.

Menurut dia apabila para petani mampu mengelola potensi yang ada maka dipastikan menjadi orang-orang sukses karena sumber daya alam yang ada di Kabupaten Kupang sangat melimpah.

Kendati demikian, kata dia, terpenting bagaimana kemauan dan tekad para petani dalam mengelola potensi tersebut.

Dia mengatakan dengan memproduksi beras sendiri dengan merk lokal yakni "Beras Lahaeroi dan Beras Opa Taklale" yang sudah dikemas sedemikian rupa merupakan solusi dalam mengatasi krisis ketahanan pangan di Kabupaten Kupang.

"Memproduksi beras dalam kemasan yang baik merupakan suatu kebanggaan sekaligus mendorong semangat pasar sebagai daerah produksi pangan di Kabupaten Kupang," kata Bupati Korinus Masneno.

Ia mengatakan isu El Nino tidak menyurutkan semangat para petani di Kabupaten Kupang untuk tetap semangat dalam bertani dan berkebun.

Baca juga: Distan NTT optimistis harga beras normal kembali

"Kami berharap semua pihak terus mendorong para petani demi membangun ekonomi di Kabupaten Kupang lebih baik lagi. Meski membangun ekonomi bukanlah hal yang mudah, kami yakin masyarakat Kabupaten Kupang bisa keluar dari kemiskinan dengan berbagai inovasi baru dalam pembangunan sektor pertanian," kata Bupati Korinus Masneno.

Baca juga: Bulog NTT salurkan 60 persen beras bantuan pangan program

Dia menegaskan melalui inovasi baru maka masyarakat Kabupaten Kupang semakin maju, mandiri dan sejahtera.