STY tegaskan fokus jaga kebugaran pemain jelang laga playoff di Prancis

id playoff olimpiade ,indonesia ,guinea,timnas indonesia u23

STY tegaskan fokus jaga kebugaran pemain jelang laga playoff di Prancis

Pelatih Indonesia U23 Shin Tae-yong menyampaikan salut kepada penonton usai pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 antara Irak dan Indonesia di Stadion Abdullah Bin Khalifa di Doha, Kamis (2/5/2024). ANTARA/AFP/Karim Jaafar/am.

...Seperti apa yang dilihat, jadi menggunakan jaket yang tebal, suhu lumayan dingin. Yang paling penting sebenarnya kontrol kondisi pemain. Jadi secara psikologis mulai capek, mulai lelah. Yang penting kita bisa kontrol kondisi pemain tetap bugar

Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong menegaskan bahwa masalah menjaga kebugaran para pemain asuhannya menjadi fokusnya saat ini, menjelang pertandingan playoff Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea di Prancis pada Kamis (9/5) mendatang.

Timnas U-23 melakukan perjalanan panjang dari Doha, Qatar, ke Paris untuk memperebutkan satu tiket Olimpiade cabang sepak bola yang masih tersisa, setelah menduduki peringkat keempat di Piala Asia U-23 lalu. Tim Garuda Muda diketahui telah sampai di Paris pada Senin (6/5) kemarin.

“Karena capek jadi hanya latihan pemulihan dan taktik sebentar. Memang kemarin kita perjalanan agak jauh dan lama,” kata Shin seperti dikutip dari rekaman audio yang diterima pewarta.

“Seperti apa yang dilihat, jadi menggunakan jaket yang tebal, suhu lumayan dingin. Yang paling penting sebenarnya kontrol kondisi pemain. Jadi secara psikologis mulai capek, mulai lelah. Yang penting kita bisa kontrol kondisi pemain tetap bugar,” tambahnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui bahwa karena keberangkatan menuju Paris cukup mendadak, maka beberapa hal saat ini masih kurang ideal. Namun ia akan berusaha mengatasi masalah-masalah yang ada satu per satu.

“Jadi memang ada kesulitan masalah makanan dan masalah tidur juga. Karena kita juga buru-buru booking hotel dan lain-lain karena baru bisa dilakukan setelah selesai pertandingan kemarin di Doha. Jadi ada masalah sedikit saja,” ucapnya.

Masalah lapangan latihan yang dipakai timnas Indonesia U-23 untuk berlatih, yakni lapangan Stade de Lagrange dirasa masih belum optimal.

"Memang di bawah standar, ya. Artinya tidak seperti di Doha, tetapi katanya di sini yang rumputnya paling baik. Jadi mau tidak mau kita harus adaptasi dengan situasi dan kondisi di sini," pungkasnya sambil menyebut bahwa Alfeandra Dewangga akan bergabung bersama timnas U-23 saat urusan visa sang pemain telah selesai.

Sementara itu salah satu pemain timnas U-23 Ikhsan Nul Zikrak membangun rasa optimistis perihal kondisi ia dan rekan-rekan setimnya.

“Ya kondisi saya alhamdulillah sangat baik, dan teman-teman juga sangat baik. Tentu kami sedang mempersiapkan diri supaya bisa bermain bagus dan masuk ke Olimpiade,” ujar pemain Borneo FC tersebut.

Baca juga: Timnas U-23 tiba di Paris mainkan pertandingan playoff lawan Guinea
Baca juga: Presiden bilang sebagai tim debutan capaian Garuda Muda layak diapresiasi
Baca juga: Artikel - Garuda Muda tetap membanggakan, kini bersiap hadapi Guinea







 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Fokus STY saat ini: Jaga kebugaran pemain