Dukcapil Manggarai intensifkan perekaman KTP-el untuk pemilih pemula

id dukcapil,pemilu,ktp el,pemilih,manggarai,ntt,flores

Dukcapil Manggarai intensifkan perekaman KTP-el untuk pemilih pemula

Perekaman e-KTP di Dinas Dukcapil Manggarai, NTT, Rabu (20/9/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

...Kami melakukan perekaman yang dibagi dalam dua shift, yakni pagi, siang hingga sore atau malam hari, kata Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Manggarai Yakobus Banggut, di Ruteng , Rabu, (20/9/2023)
Kupang (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, mengintensifkan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) bagi para pemilih pemula agar bisa memilih pada Pemilu 2024.

"Kami melakukan perekaman yang dibagi dalam dua shift, yakni pagi, siang hingga sore atau malam hari," kata Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Manggarai Yakobus Banggut, di Ruteng , Rabu, (20/9/2023).

Yakobus berkomitmen untuk memaksimalkan perekaman KTP-el, terutama bagi pemilih pemula yang saat pemungutan suara 14 Februari 2024 telah berusia 17 tahun.

Selain menentukan waktu pelayanan menjadi dua bagian, kata dia, pihaknya melakukan "jemput bola". Mulai tanggal 1 Oktober 2023, Dinas Dukcapil Manggarai melakukan perekaman ke sekolah-sekolah karena potensi pemilih pemula sangat banyak di institusi pendidikan.

"Kami akan memaksimalkan perekaman KTP-el dengan sistem 'jemput bola' ke setiap kecamatan dan kelurahan/desa. Kami tetap berupaya untuk melakukan perekaman KTP bagi penduduk yang sudah berumur 17 tahun, sedangkan terkait penduduk yang saat tanggal 14 Februari 2024 sudah 17 tahun kami menunggu petunjuk lebih lanjut dari pimpinan," katanya.

Data Konsolidasi Bersih Semester I Tahun 2023 mencatat terdapat 229.859 wajib KTP yang berada di Kabupaten Manggarai.

Dari angka tersebut,  kata dia,sebanyak 227.306 warga telah mendapatkan perekaman dan tersisa 2.553 warga yang belum melakukan perekaman.

Berkaitan pelaksanaan Pemilu 2024, katanya, Dinas Dukcapil Kabupaten Manggarai berkoordinasi dengan KPU Manggarai dan Bawaslu Manggarai terkait pemilih potensial yang belum memiliki KTP elektronik.

Dari data KPU Manggarai terdapat 17.936 pemilih tercatat sebagai pemilih potensial non-KTP-el di kabupaten tersebut.

Baca juga: Pemkab Ende layani adminduk 523 warga yang berada di Batam

Namun, paparnya, berkat koordinasi yang terjalin dari ketiga lembaga itu, maka sebanyak 7.393 pemilih telah melakukan perekaman, sedangkan sisanya masih dalam proses.

Baca juga: Persentase perekaman KTP elektronik di Manggarai Barat capai 98 persen

"Kita berharap tidak ada yang terlewatkan baik untuk perekaman maupun untuk cetak KTP-el," ucapnya.