Pangdam Udayana motivasi prajurit Satgas yang bertugas di perbatasan RI-RDTL

id Satgas Pamtas RI-DRTL,NTT,Kota Kupang

Pangdam Udayana motivasi prajurit Satgas yang bertugas di perbatasan RI-RDTL

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi saat berkunjung ke Mako Satgas Pamtas RI RDTL di Eban, Kabupaten TTU, Jumat (8/12.2023). ANTARA/HO-Penrem 161/Wirasakti.

...Jaga selalu kesehatan selama bertugas
Kupang (ANTARA) - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi memberikan motivasi kepada sejumlah prajurit Satgas Yonkav 6/Naga Karimata yang bertugas di wilayah perbatasan RI-Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

"Selain tugas pokok pengamanan perbatasan, prajurit yang bertugas di perbatasan juga punya tanggung jawab dalam membina masyarakat," katanya saat memberikan pengarahan di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL di Eban, di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Jumat, (8/12/2023).

Menurut dia, selain pembinaan masyarakat, Satgas Pamtas RI RDTL juga mempunyai fungsi untuk pencegahan penyelundupan, serta Satgas juga mencegah adanya konflik dalam masyarakat, khususnya masyarakat wilayah perbatasan RI-RDTL.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam Udayana menekankan pentingnya menjaga keamanan diri sendiri serta satuan saat bertugas di wilayah perbatasan itu.

"Jaga selalu kesehatan selama bertugas," ujar dia.

Dia mengatakan para prajurit TNI AD yang bertugas di wilayah perbatasan adalah prajurit-prajurit terpilih dan merupakan kebanggaan negara, oleh karena itu tugas negara harus dilaksanakan sebaik mungkin.

Selain memberikan motivasi, Pangdam juga memberikan tali asih berupa bingkisan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Mako Satgas di kabupaten tersebut.

Kedatangan orang nomor satu di wilayah Kodam IX/Udayana tersebut ke Mako Satgas tersebut merupakan bagian dari kunjungan kerjanya di wilayah pulau Timor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam kunjungannya ke Pulau Timor, Pangdam juga meresmikan sumur bor yang dibangun oleh TNI AD di wilayah Kabupaten Belu, yang bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar.



Baca juga: Satgas Pamtas tangkap dua warga Malaysia bawa narkoba

Baca juga: Satgas Pamtas RI-RDTL sita puluhan pucuk senjata rakitan