Sandiaga Uno dorong generasi muda manfaatkan potensi ekonomi digital

id Menparekraf,Sandiaga Uno,Ekonomi digital,Generasi muda

Sandiaga Uno dorong generasi muda manfaatkan potensi ekonomi digital

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat menyampaikan pesan melalui video singkat dalam acara peluncuran "Visi Indonesia Digital 2045" di Jakarta, Rabu (13/12/2023). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)

 ...Tahun 2025, nilai ekonomi digital diprediksi akan mencapai 109 miliar dolar AS atau tumbuh 15 persen annual growth rate, kata Sandiaga saat acara peluncuran "Visi Indonesia Digital 2045" di Jakarta, Rabu, (13/12/2023)  
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong generasi muda Indonesia untuk memanfaatkan potensi ekonomi digital secara maksimal.
 
Menurut Sandiaga, ekonomi digital menjadi harapan dan kekuatan baru untuk perekonomian nasional di mana pada tahun 2023 nilai ekonomi digital Indonesia tercatat mencapai 82 miliar dolar AS atau tumbuh sebesar 8 persen year on year.
 
"Tahun 2025, nilai ekonomi digital diprediksi akan mencapai 109 miliar dolar AS atau tumbuh 15 persen annual growth rate," kata Sandiaga saat acara peluncuran "Visi Indonesia Digital 2045" di Jakarta, Rabu, (13/12/2023).
 
Sandiaga menambahkan, kontribusi terbesar bagi ekonomi digital Indonesia berasal dari transaksi pada platform e-commerce.
 
Prediksi pasar dunia dan potensi ekonomi digital Indonesia yang sangat besar, ujar Sandiaga, merupakan peluang yang harus dimanfaatkan oleh generasi muda.
 
"Tentu saja untuk dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital Indonesia secara maksimal, gen Z perlu mengembangkan karakter kepemimpinan yang kuat yaitu adaptabilitas, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan literasi digital," kata Sandiaga.
 
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan Visi Indonesia Digital (VID) 2045 dalam rangka upaya mendukung terwujudnya visi Indonesia emas 2045, salah satunya target Indonesia menjadi negara dengan perekonomian terkuat ke-5 di dunia.
 
VID 2045 merupakan konsep perencanaan jangka panjang di bidang digital untuk mengorkestrasi kepentingan stakeholder dengan perspektif sektoral dan kewilayahan. VID 2045 disusun untuk menjadi acuan bersama seluruh pemangku kepentingan (Pemerintah, Masyarakat, dan Swasta) mengenai visi dan strategi Nasional di bidang digital.
 
Sandiaga berharap dengan diluncurkannya VID 2045, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat guna meningkatkan kapasitasnya menjadi sumber daya yang berintegritas unggul dan berdaya saing.
 
"Saya berharap ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat dan seluruh peserta yang hadir, khususnya generasi muda, dalam meningkatkan kapasitasnya menjadi sumber daya yang berintegritas unggul dan berdaya saing," ucapnya.


Baca juga: Menparekraf sebut BPOLBF terbuka untuk berkoordinasi semua pihak

Baca juga: Menparekraf sebut kerugian RI batal jadi tuan rumah U20 capai Rp3,7 triliun


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf dorong generasi muda manfaatkan potensi ekonomi digital