Paus Fransiskus tetapkan RD Hironimus Pakaenoni jadi Uskup Agung Kupang

id Uskup baru,KAK

Paus Fransiskus tetapkan RD Hironimus Pakaenoni jadi Uskup Agung Kupang

sebagai Uskup Keuskupan Agung Kupang (KAK) yang baru Romo Diosesan Hironimus Pakaenoni (mengenakan jubah ungu) bersama Mgr Petrus Turang dan Rohaniawan foto bersama usai misa di Kupang, Sabtu (9/3/2024) (ANTARA/HO-Bernadus Tokan)

Saya ajak seluruh umat, serta para imam dan biarawan-wati, untuk membangun kerjasama dengan Uskup baru agar iman umat tetap mekar berkembang dalam persaudaraan dan persahabatan bagi semua orang di wilayah Keuskupan Agung Kupang.
Kupang (ANTARA) - Pemimpin Gereja Katolik sedunia Paus Fransiskus mengangkat Romo Diosesan Hironimus Pakaenoni sebagai Uskup Keuskupan Agung Kupang (KAK), menggantikan Mgr Petrus Turang, yang sudah memasuki masa purna tugas dan resmi berstatus Emeritus.

Pengumuman pengangkatan uskup baru ini disampaikan  Mgr Petrus Turang pada misa kudus  Pra Paskah IV, di Geraja Sta Maria Assumpta Kota Baru Kupang, Sabtu (9/3/2024). Pengumuman tepat pukul 19.00 Wita.

Sedangkan pengumuman Pastor Hironimus, dosen Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, sebagai Uskup Agung Kupang diumumkam Takhta Suci pada pukul 12.00 waktu Vatikan.

Penetapan ini berdasarkan Surat yang dikeluarkan Apostolic Nuciature In Indonesia, Nomor 4217/2024, yang ditandatangani oleh Archibishop Piero Pioppo selaku Apostolik Nuncoo, tertanggal 9 Maret 2024.

Mgr Petrus Turang juga menyampaikan, selain kabar istimewa penetapan Uskup Agung Kupang yang baru, pihaknya juga menerima Dekrit Tertulis bahwa selama masa Sede Vacante atau Tahta Kosong sejak adanya Uskup baru, dia ditunjuk sebagai Administrator Apostolik.


Baca juga: Umat menyambut gembira Uskup Agung Kupang baru

Baca juga: Paus Fransiskus sampaikan selamat untuk 25 tahun imamat Uskup Agung Kupang


"Saya juga menerima Dekrit Tertulis dari Vatikan bahwa Mgr Peterus Turang ditunjuk sebagai Administrator Apostolik, yang bertugas memimpin atas nama Paus sampai uskup baru mengambil kuasa kegembalaan secara kanonik setelah ditahbiskan menjadi Uskup Agung Kupang,” kata Mgr Petrus Turang.

Pada kesempatab tersebut dia juga mengajak seluruh umat, serta para imam dan biarawan-wati, untuk membangun kerjasama dengan Uskup baru agar iman umat tetap mekar berkembang dalam persaudaraan dan persahabatan bagi semua orang di wilayah Keuskupan Agung Kupang.

Mgr Roni akan ditahbiskan pada 9 Mei 2024, demikian Mgr. Petrus Turang.