Polres Mabar siagakan 131 personel amankan kegiatan Tri Hari Suci

id Polres Manggarai Barat, Polres Mabar, Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, pengamanan, Tri Hari Suci, Manggarai Barat,Paska

Polres Mabar siagakan 131 personel amankan kegiatan Tri Hari Suci

Seorang personel Polres Manggarai Barat saat melakukan pengamanan di Gereja Paroki Maria Bunda Segala Bangsa Labuan Bajo. (ANTARA/HO-Humas Polres Manggarai Barat)

...Perayaan Trihari Suci yakni Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Suci atau tiga hari suci Paskah, kata Kapolres Mabar AKBP Ari Satmoko dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Jumat (29/3)
Labuan Bajo (ANTARA) - Polres Manggarai Barat (Mabar), Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT), mengerahkan sebanyak 131 personel untuk mengamankan kegiatan Tri Hari Suci di 12 kecamatan di daerah itu.
 
"Perayaan Trihari Suci yakni Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Suci atau tiga hari suci Paskah," kata Kapolres Mabar AKBP Ari Satmoko dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Jumat (29/3).
 
Ari menjelaskan, ratusan personel kepolisian dari polsek jajaran dan Polres Mabar itu telah disebar untuk melakukan pengamanan di 62 gereja di Manggarai Barat.
 
"Pengamanan dilakukan di gereja Katolik maupun gereja Protestan yang ada di Manggarai Barat," katanya.
 
Ari merinci sebanyak 42 personel mengamankan delapan gereja di Labuan Bajo, 20 personel mengamankan tujuh gereja di Kecamatan Komodo, empat personel mengamankan empat gereja di Kecamatan Boleng, tujuh personel mengamankan enam gereja di Kecamatan Sano Nggoang, sembilan personel mengamankan delapan gereja di Kecamatan Mbeliling dan enam personel mengamankan dua gereja di Kecamatan Pacar.
 
Selanjutnya, tujuh personel mengamankan dua gereja di Kecamatan Macang Pacar, sebanyak 11 personel mengamankan sembilan gereja di Kecamatan Lembor, enam personel mengamankan lima gereja di Kecamatan Lembor Selatan, empat personel mengamankan empat gereja di Kecamatan Welak, empat personel mengamankan satu gereja di Kecamatan Kuwus, tujuh personel mengamankan dua gereja di Kecamatan Kuwus Barat dan empat personel mengamankan dua gereja di Kecamatan Ndoso.
 
"Kepolisian melakukan pengamanan rangkaian ibadah Paskah dengan sandi Operasi Semana Santa Turangga 2024," katanya.
 
Ia menjelaskan, pengamanan dilakukan untuk memberikan jaminan rasa aman dan ketenangan kepada masyarakat yang melaksanakan rangkaian ibadah Paskah.
 
"Kami juga berkolaborasi bersama TNI dan stakeholder lainnya termasuk pihak pengamanan dari tempat ibadah gereja untuk mengamankan kelancaran beribadah," katanya.
 
Ia juga mengatakan, pihaknya menerapkan pengamanan yang berlapis di gereja. Tahap pertama adalah sterilisasi gereja oleh Satuan Brimob Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo dan tahap kedua, memastikan tiap gereja memiliki kamera CCTV yang berfungsi dengan baik.
   
Ia memastikan kepolisian bersama TNI serta instansi terkait akan bekerja maksimal untuk melakukan pengamanan, sehingga umat Nasrani merayakan rangkaian ibadah Paskah dengan khusyuk.
 
"Kami mengajak semua masyarakat Manggarai Barat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas di lingkungan kita masing-masing," katanya.