IOH dan Google Cloud lanjutkan kerja sama percepatan transformasi Indosat

id NTT,Indosat,Kota Kupang,IOH

IOH dan Google Cloud lanjutkan kerja sama percepatan transformasi Indosat

Ilustrasi Indosat.ANTARA/Ho-Indosat

Saat Indonesia melangkah ke era digital, kami terus berkomitmen pada tujuan besar Indosat untuk memberdayakan masyarakat dengan menyediakan perangkat dan teknologi mutakhir yang dibutuhkan untuk kemajuan bisnis...
Kupang (ANTARA) - Indoat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Google Cloud kembali lanjutkan kerja sama strategis jangka panjang untuk mempercepat transformasi Indosat dari Telco menjadi Al Native TechCo.

“Saat Indonesia melangkah ke era digital, kami terus berkomitmen pada tujuan besar Indosat untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dengan menyediakan perangkat dan teknologi mutakhir yang dibutuhkan untuk kemajuan bisnis dan individu,” kata Presiden Direktur and Chief Executive Officer, Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha dalam keterangan yang diterima di Kupang, Minggu, (16/6/2024).

Dia mengatakan bahwa kolaborasi IOH dengan Google Cloud bukan hanya menjadi tonggak penting bagi Indosat, tetapi juga sebagai langkah signifikan dalam misi kami untuk bertransformasi menjadi AI Native TechCo. 

Kolaborasi itu dinilai akan menggabungkan jaringan yang luas, operasional, serta dataset pelanggan dengan AI stack terpadu milik Google Cloud untuk memberikan pengalaman mengesankan kepada lebih dari 100 juta pelanggan Indosat, serta solusi AI bagi perusahaan dan AI generatif (GenAI) untuk bisnis di seluruh Indonesia.

Agen dan aplikasi AI, ketika diterapkan secara efektif pada aset data yang dikelola dengan aman dan sesuai dengan privasi penyedia layanan komunikasi, dapat meningkatkan kemampuan manusia dengan analisis data multimodal yang kuat, pengenalan pola, dan rekomendasi untuk membuka aliran pendapatan baru dan efisiensi, serta meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Dalam kerja sama ini, Indosat dan Google Cloud berkolaborasi menginisiasi inovasi dalam menghasilkan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan pasar di Indonesia, seperti modernisasi Layanan Pelanggan.

Kemudian juga pembuatan konten dinamis dan hiperpersonalisasi, analitik geospasial dan pemodelan prediktif, operasi jaringan dan Teknologi Informasi (TI) yang ditingkatkan serta transformasi Back Office.

Baca juga: IOH hadirkan Freedom Internet dengan kuota harian

Selain mengimplementasikan solusi-solusi tersebut pada operasi bisnisnya, Indosat dan Google Cloud juga akan mengeksplorasi inisiatif go-to-market bersama untuk memberdayakan ekosistem digital Indonesia. 


Baca juga: PT Indosat Tbk siap perkuat transformasi menuju AI Native TechCo

Kedua belah pihak akan menyediakan akses terhadap solusi-solusi di atas kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), startup, perusahaan, dan organisasi sektor publik dengan infrastruktur yang dioptimalkan untuk AI dari Google Cloud, platform data yang berbasis AI, dan platform pengembangan AI terpadu.