DPR dorong pemerintah terus berikan bansos PKH

id mekeng

Ketua Komisi XI DPR RI Melchias M Mekeng memberikan sertifikat kepada seorang peserta PKH yang berhasil menggunakan bantuan PKH untuk meningkatkan ekonomi keluarganya bahkan sudah menjadi pengusaha ternak di Kupang. (ANTARA Foto/Kornelis Kaha)

Komisi XI DPR mendorong pemerintah agar terus memberikan bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) mengingat dampak dari program itu sudah terlihat.
Kupang (ANTARA News NTT) - Komisi XI DPR mendorong pemerintah agar terus memberikan bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) mengingat dampak dari program itu sudah terlihat.

"Program ini mampu meningkatkan kesejateraan masyarakat mulai dari yang miskin hingga bisa mandiri. Oleh karena itu kami terus mendorong pemerintah agar program itu dilanjutkan terus," kata Ketua Komisi XI DPR RI Melchias M Mekeng di Kupang, Kamis (21/2).

Politisi dari Partai Golkar mengemukakan hal tersebut berkaitan dengan penyaluran dana bantuan PKH serta Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yag diberikan pemerintah pada 2019 ini untuk tahap pertama bagi masyarakat NTT.

Menurut dia, program itu sangat bagus apalagi jika diberikan paket-paket bantuan yang bisa membuat penerima PKH bisa menggunakan dana bantuan itu untuk berusaha.

"Komisi XI sendiri selalu mendorong pemerintah agar khusus untuk masyarakat yang berprestasi dalam menggunakan dana bantuan itu dan sudah mandiri kami justru mengharapkan agar ditingkatkan dana bantuannya," kata dia.

Hal ini bertujuan agar entrepreneurship dari para penerima PKH yang sudah berhasil terbentuk sehingga bisa mencapai skala pengusaha nasional jika dibandingkan jumlah penduduk.

"Kita berharap agar bisa sampai 3 persen skala pengusaha nasionalnya dibandingkan jumlah penduduk Indonesia. Saat inikan secara nasional kita baru berada pada angka 1 persen," tuturnya.

Baca juga: Masyarakat penerima PKH mengaku meningkat kesejahteraanya

Ia mengatakan tidak hanya itu munculnya pengusaha-pengusaha baru dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Karena itu program-program pemerintah seperti itu selain mensejaterahkan masyarakat, meningkatkan daya beli, tetapi juga menciptakan pengusaha-pengusaha baru untuk mengangkat rasio pengusaha terhadap jumlah produk," katanya.

Ketua Fraksi Golkar ini juga menambahkan bahwa sejauh ini untuk NTT progresnya sangat positif.?Hal itu terbukti dengan adanyan peserta PKH yang sebelumnya tidak punya kontrakan atau kos-kosan kini bisa menjadi pengusaha kos.

Selain itu ada pula keluarga yang menyekolahkan anaknya sampai bangku kuliah dan lulus tes CPNS, serta ada pula yang dari bantuan PKH itu anaknya bisa masuk Polisi. "Hal-hal seperti inikan adalah sesuatu yang luar biasa. Dan kami senang dengan orang-orang yang kreatif seperti itu," tambah dia.

Ia berharap para peserta PKH bisa menggunakan bantuan yang sudah diberikan oleh pemerintah dimanfaatkan dengan baik, agar bisa seperti beberapa peserta PKH lainnya yang sudah keluar dan mandiri.

Ia juga mengharapkan pemerintah bisa lebih banyak memberikan anggaran-anggaran kepada masyarakat untuk diberdayakan.

Baca juga: Wagub NTT harapkan masyarakat gunakan dana PKH dengan baik
Baca juga: Rp2,19 miliar untuk dukung PKH di NTT
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar