Nakertrans Kupang Perbanyak Pelatihan

id Pencaker

Nakertrans Kupang Perbanyak Pelatihan

Salah satu kegiatan pelatihan di salon kecantikan

Semakin banyak pelatikan kerja diberikan maka keterampilan para pencari kerja akan semakin baik pula.
Kupang (Antara NTT) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur memperbanyak pelatihan kerja guna meningkatkan keterampilan bagi para pencari kerja di daerah ini.

"Semakin banyak pelatikan kerja diberikan maka keterampilan para pencari kerja akan semakin baik pula. Hal ini yang mendorong kami untuk memperbanyak pelatihan bagi pencari kerja," kata Kabid Pengawasan, Pelatihan dan Penggunaan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Kupang Merinctje AS Nenabu di Oelamasi, Jumat.

Nenabu ditemui di Oelamasi, 38 km arah timur Kota Kupang, mengatakan, selama tahun 2016 pemerintah Kabupaten Kupang telah memberikan pelatihan terhadap 200 pencari kerja (Pencaker).

Menurutnya, pelatihan terhadap tenaga kerja itu meliputi pelatihan menjahit, salon kecantikan, pembuatan batako dan Meubeler serta tata boga dan otomotif.

Ia mengatakan, pelatihan terhadap 200 orang pencaker asal Kabupaten Kupang, berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK) milik pemerintah Provinsi NTT yang telah memiliki fasilitas pelatihan memadai.

Dikatakannya, pelatihan kerja diikuti 200 orang itu melalui empat gelombang secara bertahap berdasarkan minat para pencari.

Menurut dia, selama mengikuti pelatihan, peserta pelatihan didampingi instruktur yang sudah terlatih dari BLK Pemerintah Provinsi NTT.

"Dalam satu tahun dilakukan empat kali pelatihan di BLK NTT. BLK ini sudah sangat memadai sebagai tempat pelatihan kerja.Pemkab Kupang belum memiliki BLK sendiri,"tegasnya.

Dikatakannya, setelah mengikuti pelatihan, pemerintah Kabupaten Kupang memberikan bantuan peralatan kerja kepada peserta pelatikan, agar bisa mengimplementasikan hasil pelatihan ditengan masyarakat.

Bantuan peralatan yang diberikan itu antara lain peralatan salon kecantikan, peralatan pembuatan kue, peralatan meubeler, otomotif.

"Pemerintah Kabupaten Kupang selalu melakukan monitor terhadap peserta penerima bantuan dan ternyata banyak yang mulai bekerja secara mandiri,"tegasnya.

Ia mengatakan, tahun 2017, pemerintah Kupang sedang mendesain program untuk membangun satu BLK agar proses pelatihan keterampilan kerja bagi warga Kabupaten Kupang dilaksanakan di Balai Latihan Kerja milik pemerintah Kabupaten Kupang di oelamasi, ibu kota Kabupaten Kupang.

Merinctje A.S Nenabu optimis memperbanyak pelatihan keterampilan kerja dapat mengurangi terjadinya kasus perdagangan orang yang terjadi di daerah ini.