Dua fasilitor desa dari Belu dikirim ke India

id Fasilitator

Dua fasilitor desa dari Belu dikirim ke India

Dua fasilitator asal kabupaten Belu Charle Mau (kiri) dan Odilia Besin(kanan) berpose dengan Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo (kedua kiri) dan Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis di Jakarta. (ANTARA Foto/humas Komisi V DPR RI)

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) memfasilitasi dua fasilitator desa terbaik asal Kabupaten Belu, NTT ke India untuk belajar di negerinya Mahatmah Gandhi itu.

Kupang (ANTARA) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) memfasilitasi dua fasilitator desa terbaik asal Kabupaten Belu, NTT ke India untuk belajar di negerinya Mahatmah Gandhi itu.

Kedua fasilitator itu masing-masing Charles Mau dan Odilia Besin yang akan segera diterbangkan ke India untuk menuntut ilmu di negeri tersebut, kata Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis kepada Antara di Kupang, Selasa (26/3).

Menurut Fary, kedua fasilitator itu dianggap berhasil oleh Kemendes-PDTT setelah melalui sebuah proses penilaian yang panjang untuk semua fasilitator di wilayah perdesaan NTT.

Fary Francis sendiri telah memfasilitasi kedua fasilitator desa terbaik itu untuk bertemu dengan Menteri desa PDTT, Eko Putro Sandjojo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo pada Senin (26/3).

Kedua fasilitator tersebut untuk berdialog langsung dengan para menteri terkait mengenai keberhasilan yang sudah dilakukan selama menjadi fasilitator desa di desa dampingannya selama ini.

Penghargaan kepada kedua fasilitator terbaik itu, kata Fary, mendapatkan penghargaan dari Kemendes PDTT pada 16 Oktober 2018 lalu di Kota Kupang.

Fary menceritakan pada awalnya dirinya tak mengetahui bahwa Charles dan Odilia adalah fasilitator desa yang berprestasi. Saat bertemu di Belu, ia langsung mengajak keduanya untuk ke Jakarta agar bisa bertemu dengan para Menteri.

Kebetulan mitra kerja dari Komisi V adalah Kemendes PDTT, sehingga Fary langsung mengajak mereka bertemu dengab Menteri Desa PDTT untuk berdialog.

Sementara itu Charles Mau dan Odilia Besin mengaku bahwa apa yang dilakukan semata-mata hanya untuk kemajuan desa pendampingnya.

Charles mengaku selama menjadi fasilitator desa, dirinya hanya fokus kerja saja dan memberikan yang terbaik dan tak tidak pernah menyangka akan mendapat penghargaan dari Kemendes PDTT

Charles Mau berhasil meraih penghargaan untuk kategori fasilitator desa dengan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat desa dalam proses perencanaan. Sementara, Odilia Besin berhasil meraih penghargaan untuk kategori inovasi desa terbaik.

Desa-desa dampingan Charles Mau di antaranya Desa Lutarato, Debululik, Sisi Fatuberal dan Desa Lo'onuna, Kecamatan Lamaknen Selatan. Sedangkan desa dampingan Odilia Besin di antaranya Desa Manleten, Defala, Fatuba'a dan Desa Pialai, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.