Empat puskesmas di Kabupaten Kupang jadi rujukan

id puskesmas

Empat puskesmas di Kabupaten Kupang jadi rujukan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang Robert Amheka. (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

Empat puskesmas di wilayah Kabupaten Kupang akan menjadi rujukan pada tahun 2020 guna mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kawasan pedalaman.
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang Robert Amheka mengatakan empat puskesmas di wilayah kerjanya akan menjadi rujukan pada tahun 2020 guna mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kawasan pedalaman.

"Ada empat puskesmas yang sedang dipersiapkan untuk menjadi rujukan di Kabupaten Kupang untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat," kata Robert Amheka kepada wartawan di Oelamasi, Senin (6/5).

Robert yang ditemui di pusat pemerintahan Kabupaten Kupang di Oelamasi, 38 km arah timur Kota Kupang mengatakan, penetapan empat puskesmas rujukan itu mulai diberlakukan tahun 2020.

Dinas Kesehatan, kata dia, sedang melakukan persiapan pembangunan infrastruktur dan penyediaan fasilitas kesehatan maupun tenaga medis untuk ditempatkan pada empat puskesmas rujukan itu.

Empat puskesmas rujukan itu berlokasi di wilayah Amfoang, Fatuleu, Amarasi dan Kupang Barat yang memiliki jangkauan layanan kesehatan sangat luas. "Pasien, sebelum dirujuk ke rumah sakit, terlebih dahulu mendapat pelayanan di empat puskesmas tersebut," kata Robert.

Ia mengatakan, pembentukan puskesmas rujukan juga untuk mendorong peningkatan pendapatan daerah dari sektor layanan kesehatan serta menuju pada pembentukan rumah sakit tipe D.

Baca juga: 11 Puskesmas di Kota Kupang lolos akreditasi

"Selama ini puskesmas tidak memiliki kontribusi terhadap PAD Kabupaten Kupang, namun dengan penetapan status Puskesmas rujukan maka akan ada pendapatan untuk daerah dari berbagai jenis layanan kesehatan," kata Robert.

Dia mengatakan, pengelola empat puskesmas rujukan itu akan mengelola sumber anggaran sendiri serta memiliki kewenangan untuk mencari sumber pendapatan sendiri bagi kegiatan puskesmas. "Sumber pendapatan di puskesmas sangat banyak yang terpenting dikelola secara baik serta transparan," kata Robert.

Saat ini, kata dia, baru dua puskesmas rujukan di Kabupaten Kupang yaitu Puskesmas Oesao dan Puskesmas Tarus yang sudah memiliki fasilitas layanan kesehatan yang lengkap.

Baca juga: Kemenkes survey akreditasi puskesmas di Kabupaten Kupang
Baca juga: Pemerintah Prioritas Bangun Puskesmas di Perbatasan