Kemenkes survey akreditasi puskesmas di Kabupaten Kupang

id AKREDITASI

Wakil Bupati Kupang yang juga Penjabat Bupati Kupang, Korinus Masneno (tengah) foto bersama sejumlah pejabat dari Kementerian Kesehatan usai membuka kegiatan survey akreditasi di Puskesmas Oekabaiti, sekitar 39 km timur ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (5/11). (ANTARA Foto/Benny Jahang)

Kementerian Kesehatan mulai melakukan survey akreditasi terhadap pelayanan publik yang dilakukan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Oekabiti di Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Kupang (AntaraNews NTT) - Kementerian Kesehatan mulai melakukan survey akreditasi terhadap pelayanan publik yang dilakukan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Oekabiti di Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Pelaksana Tugas Bupati (Plt) Bupati Kupang, Korinus Masneno secara resmi membuka kegiatan survey akreditasi tersebut di Puskesmas Oekabiti, sekitar 39 km timur ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (5/11).

Kegiatan akreditasi akan berlangsung mulai dari 5-7 November 2018 di Puskesmas Oekabiti dan Puskesmas Baumata, sekitar 12 km selatan Kota Kupang.

Pemerintah Kabupaten Kupang, kata Masneno, menyambut baik terhadap proses akreditasi guna meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

"Pemerintah Kabupaten Kupang menyambut baik terhadap upaya Kemenkes untuk melakukan survey akreditasi Puskesmas Oekabiti sehingga proses pelayanan dilakukan lebih profesional," kata Masneno.

Ia berharap survey akreditasi mendorong managejemen melakukan pembenahan dan meningkatkan profesionalisme pelayanan di Puskesmas tersebut.

"Saya berharap petugas kesehatan di Puskesmas Oekabiti terus meningkatkan layanan kesehatan dilakukan secara baik sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan pasien yang membutuhkan layanan kesehatan," tegasnya.
Para bidan di Puskesmas Baumata, Kabupaten Kupang sedang menyelesaikan administrasi dalam menghadapi survey akreditasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan. (ANTARA Foto/lm) 
Menurut Masneno yang telah terpilih sebagai Bupati Kupang periode 2018-2023, kekurangan tenaga kesehatan masih menjadi persoalan di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste itu.

"Pemerintah akan terus berupaya melakukan penambahan tenaga kesehatan demi memperbaiki mutu pelayanan kesehatan di daerah ini," ujarnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Oekabiti Matelda Tabelak menyatakan siap mendapat predikat yang baik dalam akreditasi dari Kementerian Kesehatan.

"Peningkatan pelayanan kesehatan merupakan salah satu indikator dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara baik," katanya.

Menurut dia, berbagai upaya telah dilakukan pihak Puskesmas Oekabiti dalam meningkatkan kualitas pelayanan melalui penambahan tenaga medis seperti dokter dan analis kesehatan.

"Kami sudah memiliki dua tenaga dokter yaitu dokter gigi dan dokter umum," tegasnya.

Ia mengatakan, akan terus berupaya menambah tenaga kesehatan mengingat Puskesmas Oekabiti telah menjadi Puskesmas rawat inap di Kabupaten Kupang. 
Para bidan di Puskesmas Baumata, Kabupaten Kupang sedang menyelesaikan administrasi dalam menghadapi survey akreditasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan. (ANTARA Foto/lm) 

 
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar