NasDem NTT rebut tiga kursi di Senayan

id nasdem

NasDem NTT rebut tiga kursi di Senayan

Sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur menandatangani komitmen untuk mengawasi pelaksanaan pemilu serentak 2019, Jumat (22/3). (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Partai Nasional Demokrat (NasDem) Nusa Tenggara Timur berhasil merebut tiga dari 13 kursi yang diperebutkan partai politik peserta pemilu 2019 di Senayan, Jakarta.
Kupang (ANTARA) - Partai Nasional Demokrat (NasDem) Nusa Tenggara Timur berhasil merebut tiga dari 13 kursi yang diperebutkan partai politik peserta pemilu 2019 di Senayan, Jakarta.

"Dua dari tiga kader Partai NasDem itu merupakan srikandi dari Nusa Tenggara Timur yang baru mengepakkan sayapnya menuju Senayan," kata Sekretaris DPW Partai NasDem NTT Alex Ofong ketika dihubungi Antara di Kupang, Minggu (12/5).

Tiga kader Partai NasDem yang lolos menjadi anggota DPR-RI periode 2019-2024 berasal dari Dapil I NTT, yakni Kristiana Muki dengan meraih 64.680 suara, sedang Ratu Nggadu Bonu Wulia berhasil mendulang 50.301 suara.

Sementara itu caleg partai NasDem dari daerah pemilihan NTT 2 yang lolos ke Senayan adalah Johnny G Plate dengan mendulang suara terbanyak sekitar 123.290 suara.

Menurut Alex, pada pemilu 2019 Partai NasDem mendapat tambahan satu kursi yang diperoleh dari daerah pemilihan NTT I yang sebelumnya hanya mendapat satu kursi pada Pemilu 2014.

Ia mengatakan, tingginya perolehan suara Partai NasDem pada pemilu 2019 karena hasil kerja keras seluruh kader partai pimpinan Surya Pallo di wilayah provinsi berbasis kepulauan ini.

Baca juga: KPU NTT optimistis bisa tuntaskan pleno sampai 11 Mei

"Konsistensi Partai NasDem selama lima tahun ini adalah tidak ada mahar bagi setiap caleg dari Partai NasDem sehingga menjadi citra positif di tengah masyarakat," kata Alex.

Selain merebut tiga kursi di DPR-RI, Partai NasDem juga mendapat tambahan satu kursi di DPRD Provinsi NTT dari sebelumnya hanya 8 kursi menjadi 9 kursi.

Sedangkan untuk DPR Kabupaten/kota di NTT, Partai NasDem juga mendapat tambahan 13 kursi dari sebelumnya hanya 76 kursi menjadi 89 kursi pada Pemilu 2019.

Selain Parai NasDem, PDIP juga berhasil merebut tiga kursi di DPR-RI, Golkar, Demokrat dan PKB masing-masing meraih dua kursi, serta PAN satu kursi.

Sementara itu Ketua DPD I Partai Demokrat NTT, Jefri Riwu Kore mengatakan, Partai Demokrat memperoleh dua kursi untuk DPR-RI pada pemilu 2019 masing-masing satu dari Dapil I NTT dan satu kuris lainnya dari Dapil NTT II. 

Baca juga: Kinerja KPU Ende mendapat pujian dari Bawaslu NTT

Nama-Nama calon anggota DPR-RI asal NTT

Daerah Pemilihan I NTT 

1. Kristiana Muki, SPd, M.Si (NasDem)
2. Herman Herry (PDIP)
3. Emanuel Melkiades Laka Lena (Golkar)
4. Ratu Nggadu Bonu Wulia (Nasdem)
5. Anita Jacoba Gah (Demokrat)
6. Edward Tannur (PKB)
7. Yohanis Fransiskus Lema (PDIP).

Daerah Pemilihan 2 NTT

1. Andreas Hugo Parera (PDIP)
2. Johnny G Platte (Nasdem)
3. Melchias Markus Mekeng (Golkar)
4. N.M. Dipo Nusantara (PKB)
5. Ahmad Yohan (PAN)
6. Benny K Harman (Demokrat).