Ratusan penumpang nikmati pelayaran perdana Kupang - Adonara

id pelayaran kupang adonara

Ratusan penumpang nikmati pelayaran perdana Kupang - Adonara

KMP Ile Mandiri yang dioperasikan PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang dalam pelayaran perdana dari pelabuhan Bolok Kupang menuju pelabuhan Deri di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timut, Jumat, (5/7/2019). (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

Ratusan penumpang asal Pulau Adonara dan Lembata di Kabupaten Lembata, Jumat (5/7) menikmati pelayaran perdana dengan KMP Ile Mandiri pada lintasan penyeberangan Kupang - Deri di Pulau Adonara, Flores Timur.
Kupang (ANTARA) - Ratusan penumpang asal Pulau Adonara dan Lembata di Kabupaten Lembata, Jumat (5/7) menikmati pelayaran perdana dengan KMP Ile Mandiri pada lintasan penyeberangan Kupang - Deri di Pulau Adonara, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kalau kendaraan memang tidak seberapa, tetapi jumlah penumpang cukup banyak, apalagi ini pelayaran perdana," kata Manager Usaha PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) (Persero) Indonesia Ferry Cabang Kupang, Hermin Welkis kepada ANTARA di Pelabuhan Feri Bolok Kupang.

ASDP Kupang, mulai Jumat (5/7), membuka rute komersial baru untuk lintasan penyeberangan Kupang - Deri di Pulau Adonara. Pelayaran perdana itu menggunakan KMP Ile Mandiri.

Pembukaan rute pelayaran ini dilakukan sebagai respon atas permintaan masyarakat dari Pulau Adonara, setelah terhentinya pengoperasian kapal feri oleh PT Flobamora pada lintasan tersebut, selama sekitar satu tahun terakhir ini.

Hermin Welkis menambahkan pelayaran pada lintasan penyeberangan itu akan dilakukan dua kali sepekan yakni, berangkat dari Pelabuhan Bolok Kupang setiap hari Selasa dan Jumat pukul 12.00 WITA.

Kapal tersebut, kata dia, akan bertolak dari Pelabuhan Bolok Kupang menuju Pelabuhan Deri di Pulau Adonara dengan menyinggahi terlebih dahulu Pelabuhan Lewoleba di Waijarang, Kabupaten Lembata. "Jadi, rute pelayarannya Kupang - Waijarang - Deri setiap Selasa dan Kamis, sedang dari Deri - Waijarang - Kupang setiap Sabtu dan Minggu," katanya.

Baca juga: ASDP buka dua lintasan penyeberangan

Rute penyeberagan pada Selasa, tidak hanya melayani Kupang-Waijarang-Deri, tetapi juga sejumlah tempat di Kabupaten Flores Timur, seperti Larantuka, Solor dan sejumlah tempat di Kabupaten Alor, sehingga Sabtu baru bertolak dari Pelabuhan Deri di Adonara Timur.

Mengenai penjualan tiket, dia mengatakan, sementara ini penumpang dari Pelabuhan Deri bisa membeli tiket di Pelabuhan Lewoleba, karena belum ada petugas di Pelabuhan Deri. "Ke depannya, kami akan menempatkan petugas di Pelabuhan Deri untuk melayani penumpang tujuan Kupang," ujarnya.

Yustinus Notan, salah seorang penumpang tujuan Adonara mengaku senang dan berterima kasih pada ASDP karena lintasan penyeberangan ini sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat penghuni Pulau Adonara, karena akan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dari dan ke pulau itu.

"Selama ini kalau kami mau ke Kupang harus ke Larantuka atau Lewoleba terlebih dahulu, dan ini membutuhkan biaya yang sangat besar, karena harus menyewa kendaraan darat dan laut untuk sampai ke pelabuhan penyeberangan," katanya.

Karena itu, dengan adanya layanan ini, selain memberikan kemudahan akses, tentunya juga akan memudahkan warga memasarkan hasil-hasil bumi di Kupang, demikian Yustinus Notan.

Baca juga: ASDP buka kembali penyeberangan Kupang-Deri
Baca juga: Lintasan penyeberangan Kupang-Adonara murni komersil
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar