Harga Cabai Jadi Rp40.000/Kg

id Cabe Merah

Harga Cabai Jadi Rp40.000/Kg

Wali Kota Kupang Jonas Salean (kiri) bersama Kepala Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Timur Naek Tigor Sinaga (tengah) sedang memantau perkembangan harga cabai merah di pasaran Kupang.

Meroketnya harga komoditas tersebut berlangsung hampir dua bulan lebih lamanya di pasar-pasar yang ada di Kota Kupang.
Kupang (Antara NTT) - Harga cabai merah dan keriting di pasar-pasar tradisional dan modern Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur yang sebelumnya meroket hingga ke posisi Rp120.000/kg, kini sudah mulai turun pada posisi Rp40.000/kg.

Kepala Dinas Perdagangan Nusa Tenggara Timur Simon Tokan di Kupang, Selasa, mengatakan meroketnya harga komoditas tersebut berlangsung hampir dua bulan lebih lamanya di pasar-pasar yang ada di Kota Kupang.

"Saat ini harga cabai merah biasa dan keriting dijual pedagang di pasar-pasar tradisional dengan harga Rp40.000 per kilogram atau turun jika dibandingkan dengan harga pada Januari dan Februari 2017 mencapai Rp110.000 hingga Rp120.000/kg," katanya.

Kecuali harga cabai kecil jenis biasa yang masih diperdagangkan dengan harga Rp85.000 per kilogram pada pasar-pasar setempat.

Ia mengatakan normalya harga cabai di Kupang itu disebabkan oleh kebijakan operasi pasar yang digelar sejak dua bulan terakhir (Januari-Februari 2017) setelah kenaikan harga cabai merata di sebagian besar wilayah Indonesia.

Selain itu katanya musim panen cabai mulai tiba, sehingga para distributor dan pedagang tidak bisa mempermainkan harga dengan konsumen.

"Karena panenan cabai dimulai, maka pengiriman cabai dari Kupang ke daerah-daerah lain di Tanah Air p[un tidak dilakukan seperti sebelumnya, sehingga stok cabai merah besar cukup tersedia," katanya.

Penurunan dan normalnya harga cabai tersebut sudah terjadi sejak tiga kali, meskipun tidak drastis tetapi perlahan-lahan mulai pertengahan Januari harga cabai masih dijual Rp120 ribu per kg kemudian turun menjadi Rp100 ribu per kg, dan turun lagi menjadi Rp90-Rp80.000 serta hingga saat ini Rp40.000.

Ia mengatakan komoditi pangan Cabai terutama jenis merah kecil sebelumnya di sejumlah pasar modern dan tradisional dalam Kota Kupang dan sekitarnya hingga pekan pertama dan kedua Januari masih bertahan dengan harga Rp120 ribu atau belum juga turun harga.

Setelah saran berbagai pihak agar Operasi Pasar (OP) cabai digelar, harga komoditi bahan pangan dan bumbu inipun terus mengalami penurunan hingga ke titik normal Rp40 ribu per kilogram.