Penerbangan Dili-Kupang dilarang bawa komoditi berbahan babi

id Virus demam babi Afrika

Penerbangan Dili-Kupang dilarang bawa komoditi berbahan babi

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I A Kupang, Nur Hartanto (Foto/istimewa)

Para penumpang pesawat dengan rute penerbangan Dili, Timor Leste menuju Kupang, NTT dilarang membawa komoditi berbahan dasar babi .guna mencegah masuknya virus demam babi Afrika.
Kupang (ANTARA) - Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I A Kupang Nur Hartanto mengemukakan para penumpang pesawat dengan rute penerbangan dari Dili, Timor Leste menuju Kupang, ibu kota Nusa Tenggara Timur dilarang membawa komoditi berbahan dasar babi .guna mencegah masuknya virus demam babi Afrika.

"Sudah kami keluarkan surat edaran mengenai larangan membawa komoditi berbahan dasar babi dari Timor Leste untuk mencegah masuknya virus demam babi Afrika ke NTT," katanya di Kupang, Selasa (22/10).

Dia mengatakan, larangan tersebut tidak hanya terhadap barang-barang yang dibawa para penumpang melalui pintu kedatangan namun juga melalui terminal cargo.

Hartanto mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak Bandara El Tari Kupang untuk memusnahkan sampah-sampah sisa aktivitas penumpang di pesawat.

Baca juga: Bandara El Tari Kupang dilengkapi karpet anti virus babi Afrika
Baca juga: NTT masih aman dari ancaman virus babi Afrika


"Ini untuk memastikan agar virus demam babi Afrika jangan sampai masuk ke daerah kita di NTT karena sudah ada kasusnya di Timor Leste," katanya.

Dia mengatakan, untuk peningkatan pengamanan, pihaknya telah memasang karpet disinfektan di pintu kedatangan internasional yang dilalui para penumpang dari Timor Leste.

Karpet tersebut, lanjutnya, dipasang pada pintu masuk agar kemungkinan virus yang terbawa melalui alas kaki.

Hartanto mengatakan, selain mencegah masuknya virus dari Timor Leste, pihaknya mengimbau warga dari daerah setempat untuk meningkatkan kewaspadaan saat berpergian ke negara yang berbatasan langsung dengan NTT di Pulau Timor itu.

"Terutama warga kami minta agar tidak membawa oleh-oleh berupa makanan atau lainnya yang berbahan dasar babi, karena jika ditemukan maka akan dimusnahkan," katanya.

Baca juga: NTT tangkal virus demam babi Afrika di perbatasan
Baca juga: Gubernur NTT minta waspada terhadap virus babi Afrika

 
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar