210 Kapal Wisata Dilengkapi Life Jacket

id life jacket

210 Kapal Wisata Dilengkapi Life Jacket

Kepala Syahbandar Labuan Bajo Usman Husin

Sebanyak 210 kapal wisata tradisional di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur telah dilengkapi fasilitas life jacket (jacket penolong).
Kupang (Antara NTT) - Kepala Syahbandar Labuan Bajo Usman Husin mengatakan sebanyak 210 kapal wisata tradisional di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur telah dilengkapi fasilitas life jacket (jacket penolong).

"Jumlah kapal wisata tradisional yang beroperasi di Labuan Bajo tercatat 210 unit yang biasa digunakan untuk melayani para wisatawan mancanegara untuk menikmati pesona wisata di Labuan Bajo," katanya ketika dihubungi dari Kupang, Senin.

Penggunaan Life Jacket ini berdasarkan instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut No.UM.008/1/11/DJPL-17 tentang kewajiban nahkoda dalam penanganan penumpang dengan mewajibkan setiap penumpang menggunakan life jacket selama pelayaran sebagai bagian dari prosedur keselamatan yang harus dipenuhi .

Ia mengatakan kesadaran nahkoda dan operator kapal wisata tradisional dalam penggunaan life jacket sangat tinggi, karena semua kapal di daerah ini telah dilengkapi fasilitas jacket penolong untuk kepentingan keselamatan pelayaran.

Menurut Husin, petugas Kesyahbandaran Labuan Bajo secara rutin melakukan pengecek kelengkapan kapal wisata sebelum berlayar menuju pulau-pulau sekitar Labuan Bajo maupun ke Taman Nasional Komodo.

"Petugas Syahbandar selalu mengimbau nahkoda maupun anak buah kapal untuk memakai life jacket selama dalam pelayaran. Para wisatawan sangat antusias terhadap penggunaan life jacket karena berkaitan dengan keselamatan wisatawan selama berada di Labuan Bajo," ujar Husin.

Ia mengatakan, petugas Syahbandar tidak memberikan izin berkayar bagi kapal-kapal wisata trandisional yang akan berlayar apabila belum memiliki kelengkapan keselamatan pelayaran.

"Apabila kapal tidak dilengkapi jacket pelampung maka tidak diberikan izin berlayar. Syahbandar akan memberikan surat izin apabila kapal sudah dilengkapi fasilitas jacket pelampung," kata Husin.

Menurut dia, fasilitas life jacket yang terdapat disetiap kapal wisata tradisional di Labuan Bajo merupakan milik pemilik pengusaha kapal.

"Untuk mendapatkan life jacket sangat mudah di Labuan Bajo karena dijual bebas oleh pengusaha-pengusaha mudah di daerah ini, jika terdapat kekurangan jacket pelampung pengusahanya langsung membeli di Labuan Bajo," kata Husin.

Ia mengatakan, penggunaan life jacket bagi penumpangn kapal tradisional sangat penting terutama saat musim hujan disertai angin kencang melanda daerah ini.