Kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo selama 2019 mencapai 184.206 orang

id Labuan Bajo

Kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo  selama 2019 mencapai 184.206 orang

Pesona alam Labuan Bajo di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, menjadi salah satu destinasi unggulan nasional. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha).

"Meningkatnya arus kunjungan wisatawan di daerah itu berdampak pada penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Manggarai Barat," kata Agustinus Rinus.
Kupang (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo selama 2019 sebanyak 184.208 orang atau meningkat cukup signifikan jika dibandingkan dengan kondisi 2018 yang hanya mencapai 163.807 wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Agustinus Rinus saat dihubungi Antara dari Kupang, Selasa (14/1) mengatakan bahwa meningkatnya arus kunjungan wisatawan di daerah itu berdampak pada penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Manggarai Barat.

Ia mencontohkan jika pada 2018 penerimaan PAD dari sektor pariwisata khusus untuk biaya retribusi mencapai Rp34 miliar, maka pada 2019 mengalami kenaikan sekitar 100 persen atau Rp60 miliar.
Seekor Komodo (Varanus Komodoensis) tengah berjalan di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT (01/12/2018). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha).
"Kenaikan ini sangat signifikan karena memang kami lakukan penertiban terhadap kapal-kapal wisata yang membawa wisatawan yang melakukan penyelaman ke dasar laut," ujar dia.

Dari data yang dimiliki oleh Dinas Pariwisata Manggarai Barat di Labuan Bajo, meningkatnya kunjungan wisatawan ke ujung barat Pulau Flores itu akibat daya tarik dari Komodo (Varanus Komodoensis) yang berada di Pulau Komodo dan menjadi ikon pariwisata NTT.

Ia mengatakan bahwa wisatawan asing yang berkunjung ke Labuan Bajo, kebanyakan berasal dari Jerman, Inggris, Spanyol, Australia dan beberapa negara di Eropa lainnya.

Kedatangan wisatawan-wisatawan itu hanya ingin melihat secara langsung kadal raksasa yang satu-satunya habitat asli ada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur itu.
Pemandangan senja di Laut Flores, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA FOTO/Satyagraha)