400 wisatawan Eropa berlabuh di Pulau Komodo

id pulau komodo

400 wisatawan Eropa berlabuh di Pulau Komodo

Kapal Pesiar MV Boudicca yang berlabuh di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) Manggarai Barat, NTT . ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Kapal pesiar MV Boudicca tersebut, sebelumnya sempat berlabuh di Pelabuhan Ambon, Provinsi Maluku pada 19 Januari 2020 sebagai bagian dari misi keliling dunia..
Kupang (ANTARA) - Kapal Pesiar MV Boudicca berbendera Bahama yang membawa sekitar 400 wisatawan Eropa, Rabu (22/1) berlabuh di pesisir pantai Pulau Komodo untuk melihat keindahan alam serta biawak rakasasa Komodo (varanus komodoensis) di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) itu.

Kapal pesiar MV Boudicca tersebut, sebelumnya sempat berlabuh di Pelabuhan Ambon, Provinsi Maluku pada 19 Januari 2020 sebagai bagian dari misi keliling dunia..

Kepala Ranger Hardar yang ditemui Antara di Pulau Komodo , Rabu, (22/1) mengatakan bahwa kapal itu membawa kurang lebih 400 wisatawan asal Eropa yang berkeliling dunia untuk berwisata.

"Tadi dapat laporan jumlahnya ada 400 wisatawan Eropa, dan tadi para ranger sudah dibriefing untuk menemani sejumlah wisatawan itu yang akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk tur melihat Komodo di Pulau Komodo," katanya.

Baca juga: Pengawasan terhadap TN Komodo gunakan teknologi digital
Baca juga: Media asing tak sarankan wisman ke Komodo, ASITA NTT: tak perlu khawatir


Kapal tersebut, kata dia, baru tiba di Pulau Komodo sekitar pukul 08.30 WITA, karena terlalu besar dan tak bisa bersandar di pelabuhan Komodo.

Kapal pesiar tersebut hanya bisa melegoh jangkarnya di tengah laut, baru kemudian para turis diantar dengan sekoci milik kapal itu ke Pulau Komodo.

Ia mengaku ini merupakan kapal pesiar ketiga yang singgah di kawasan TNK dan menyingggahi Pulau Komodo selama Januari 2020.

Namun dari dua kapal pesiar sebelumnya jumlahnya sedikit yakni berkisar dari 50an wisatawan hingga 100 wisatawan saja, dan kebanyakan dari mereka adalah wisatawan yang sudah berumur tua.
Sejumlah wisatawan mancanegara dari kapal Pesiar MV Boudicca saat berwisata di Pulau Komodo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (22/1/2020). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha).

"Tapi kami juga sudah dapat laporan untuk siap-siap karena setelah kapal Boudicca ini berangkat akan ada lagi dua kapal pesiar yang akan datang. Tapi belum tahu tanggal berapa tiba," ujar dia.

Kapal pesiar tersebut direncanakan usai beriwsata di Pulau Komodo akan langsung berangkat untuk melanjutkan berwisata di daerah lain di Indonesia.

Sebab sebelum berwisata di kawasan TNK, kapal wisata sudah menyinggahin Ambon, New Zealand dan Papua New Guinea.

Pantauan Antara di Pulau Komodo, sejumlah wisatawan yang turun dari kapal pesiar itu dibagi dalam beberapa kelompok untuk tur di Pulau Komodo menyaksikan dan melihat langsung Komodo.

Seorang wisatawan asal Spanyol Lukas yang ditemui bersama istrinya mengaku ini pertama kali mereka berkunjung ke NTT, khususnya ke Pulau Komodo.

"Saya sangat penasaran ingin melihat langsung Komodo itu, seperti yang diberitakan. Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan," ujar Lukas.
Seekor Komodo (Varanus Komodoensis) tengah berjalan di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT (22/01/2020). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha).
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar