Lanud El Tari Kupang dipimpin seorang jenderal berbintang satu

id tni au

Lanud El Tari Kupang dipimpin seorang jenderal berbintang satu

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Idham Azis saat tiba di Lanud El Tari Kupang untuk sebuah kunjungan kerja di ibu kota Provinsi NTT. (ANTARA/Kornelis Kaha)

Peningkatan status Pangkalan Udara TNI AU El Tari Kupang sudah ditetapkan dalam keputusan presiden.
Kupang (ANTARA) - Pangkalan Udara TNI-AU (Lanud) El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur saat ini dipimpinan oleh seorang perwira tinggi berpangkat bintang satu, seiring dengan peningkatan status pangkalan udara tersebut ke type A.

Komandan Pangkalan Udara TNI AU El Tari Kupang, Kolonel Penerbang Agus Setiawan ketika ditemui wartawan di Kupang, Jumat (21/2), mengatakan peningkatan status Pangkalan Udara TNI AU El Tari Kupang sudah ditetapkan dalam keputusan presiden.

"Peraturan Presiden sudah ada dan status Pangkalan Udara TNI AU El Tari Kupang naik menjadi type A. Komandannya nanti dipimpin seorang perwira tinggi berbintang satu (marsekal pertama)," kata Kolonel Setiawan.

Ia mengatakan peningkatan status Lanud El Tari Kupang itu akan segera diikuti dengan penambahan personil dan fasilitas pendung operasi.
Pesawat tempur milik TNI AU jenis Sukhoi SU-30 saat tiba di Lanud El Tari Kupang, NTT, Rabu (12/2/2020), dalam rangka gelar patroli Lintas Panah 2020.(ANTARA FOTO/Kornelis Kaha). 
Pangkalan udara tipe A memiliki organisasi yang lebih besar ketimbang yang tipe B, di antaranya terdapat beberapa skuadron udara dan skuadron teknik serta depo pemeliharaan, hingga detasemen satuan Pasukan Khas TNI AU dan satuan Polisi Militer TNI AU. 

Pangkalan Udara TNI AU El Tari Kupang mengambil nama Gubernur NTT (saat itu), Elijas Tari (kelahiran Pulau Sabu, 18 April 1926 dan wafat di Kupang, 29 April 1978), dengan masa jabatan pada 12 Juli 1966 hingga wafat.

Kawasan Pangkalan Udara TNI AU El Tari hingga kini dikenal dengan nama Penfui dan secara administratif pemerintahan masuk di wilayah Kecamatan Penfui di Kota Kupang. 

Adapun landas pacu Pangkalan Udara TNI AU El Tari dipergunakan bersama dengan Bandar Udara Internasional El Tari untuk kepentingan penerbangan sipil dan komersial. 
Petugas mengarahkan pesawat tempur TNI AU jenis T-50 dari Skuadron Lanud Iswahjudi untuk masuk ke hanggar Lanud El Tari di Kupang, NTT, Senin (28/1/2019). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/foc).