Segera dibangun SMK Pariwisata di Pulau Sumba

id sekolah pariwisata

Segera dibangun SMK Pariwisata di Pulau Sumba

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat (empat dari kiri) kunjungan kerja ke Kabupaten Sumba Tengah di Pulau Sumba, Sabtu (29/2/2020). (ANTARA/Benny Jahang)

Pemrpov NTT segera membangun Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Pariwisata guna mendukung pembangunan sektor pariwisata di Pulau Sumba.
Waikabubak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur segera membangun Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Pariwisata guna mendukung pembangunan sektor pariwisata di Pulau Sumba.

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat ketika melakukan pertemuan dengan masyarakat Sumba Tengah di Desa Konda Malonda, Sabtu (29/2), mengatakan sektor pariwisata Pulau Sumba, khususnya di Sumba Tengah, harus terus didorong karena memiliki kontribusi penting dalam pembangunan ekonomi masyarakat.

"Sumba Tengah ini memiliki banyak potensi wisata yang sangat indah dan eksotik. Potensi wisata yang luar biasa di Pulau Sumba harus memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Dia menjelaskan keberadaan SMK Pariwisata dapat membantu pemerintah di Pulau Sumba dalam mengembangkan pembangunan pariwisata.

Baca juga: Pariwisata NTT gandeng Uyelindo kembangkan aplikasi digital
Baca juga: 25 anak muda usai studi pariwisata di Sydney akan diberdayakan Pemprov NTT


Politikus Partai NasDem itu, mengatakan Pulau Sumba yang terdiri atas empat kabupaten itu segera memiliki tiga SMK Pariwisata yang dibangun Pemprov NTT, tersebar di Sumba Timur, Sumba Barat Daya, dan Sumba Tengah.

"Pasti kami bangun SMK Pariwisata di Pulau Sumba dan salah satunya berlokasi di Sumba Tengah," katanya.

Dia menjelaskan setelah tiga SMK jurusan pariwisata dibentuk maka Pemprov NTT segera memperjuangkan kepada pemerintah pusat untuk membangun Sekolah Tinggi Pariwisata di Pulau Sumba.

Kehadirian sekolah pariwisata di Pulau Sumba harus mampu menjadikan daerah itu sebagai destinasi wisata unggulan dunia.

Bupatin Sumba Tengah Paulus S.K. Limu mengapresiasi kebijakan Pemprov NTT yang segera membangun SMK Pariwisata di daerah itu.

"Kami berterima kasih kepada Pemda NTT karena ikut mewujudkan sumber daya manusia (SDM) Sumba Tengah yang unggul dalam bidang pendidikan," kata dia.

Baca juga: Artikel - Benarkah sumbangsih sektor pariwisata terhadap PAD Mabar masih kecil?