PMI NTT Miliki 12.000 Anggota Pendonor Darah

id PMI

PMI NTT Miliki 12.000 Anggota Pendonor Darah

Kepala Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Nusa Tenggara Timur dr Samson Ehe Teron

Unit Transfusi Darah PMI Nusa Tenggara Timur telah memiliki 12.000 anggota pendonor darah di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang yang aktif mendonorkan darahnya di PMI NTT.
Kupang (Antara NTT) - Unit Transfusi Darah PMI Nusa Tenggara Timur telah memiliki 12.000 anggota pendonor darah di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang yang aktif mendonorkan darahnya di PMI NTT.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Provinsi NTT dr.Samson Ehe Teron kepada wartawan di Oelamasi, ibu Kota Kabupaten Kupang, Rabu mengatakan, setiap bulan PMI NTT membutuhkan 1.800 kantong darah.

Samson berada di Oelamasi untuk memimpin kegiatan donor darah dalam rangka hari donor darah sedunia tanggal 14 Juni 2017.

Kegiatan donor darah di Kabupaten Kupang itu diikuti ratusan aparatur sipil negara (ASN) serta seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Samson mengatakan, kesadaran masyarakat di provinsi berbasis kepulauan ini dalam mendonorkan darahnya sangat tinggi dibuktikan dengan terbentuknya komunitas pendonor darah di daerah ini.

"Setiap bulan relawan ini datang mendonorkan darahnya ke PMI. Bahkan dalam kondisi darurat para relawan iitu aktif menghubungi anggota komunitas agar membantu mendonorkan darahnya kepada pasien yang membutuhkan darah. Bahkan komunitas pendonor darah ini sudah membentuk groop WA sehingga cepat membantu PMI NTT apabila membutuhkan darah," kata Samson.

Ia mengaku, hadirnya komunitas pendonor darah di Kabupaten Kupang dan Kota Kupang sangat membantu PMI NTT ketika terjadi krisis darah maupun dalam memenuhi kebutuhan darah sehingga tetap tersedia.

PMI NTT tidak rutin melakukan donor darah karena harus mengatur stok darah tidak melampaui kebutuhan darah.

Menurut dia, PMI NTT secara rutin menyiapkan 1.800 kantong darah untuk kebutuhan darah berbagai rumah sakit di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

"Apabila terjadi kekosongan darah pada unit transfusi darah PMI NTT maka komunitas pendonor darah yang bergerak bersama PMI NTT maupun keluarga terdekat pasien yang membutuhkan darah," kata Samson.