Kapal Wisatawan Karam di Pulau Padar

id Karam

Kapal Wisatawan Karam di Pulau Padar

Sebanyak 24 orang penumpang KLM Versace Jaya berhasil diselamatkan tim Basarnas ketika kapal pesiar yang ditumpangi para wisatawan itu karam di perairan Pulau Padar, Manggarai Barat, NTT, Minggu (30/7).

Sebanyak 24 orang penumpang KLM Versace Jaya berhasil diselamatkan tim Basarnas ketika kapal pesiar yang ditumpangi para wisatawan itu karam di perairan Pulau Padar, Manggarai Barat, NTT, Minggu.
Kupang (Antara NTT) - Sebanyak 24 orang penumpang KLM Versace Jaya berhasil diselamatkan tim Basarnas ketika kapal pesiar yang ditumpangi para wisatawan itu karam di perairan Pulau Padar, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Minggu.

Kepala Kantor Basarnas Kupang Ketut Gede Ardana kepada Antara, Minggu, menjelaskan kapal wisata KLM Versace Jaya berbobot 43 GT itu ditumpangi 24 orang yang merupakan wisatawan yang hendak berwisata ke Pulau Padar.

KLM Versace Jaya yang dinahkodai Herman Ihlas (57) serta empat anak buah kapal yaitu Ambo Sakka (37), Daud (24), Agus Sofiyan (25) serta M Randy Yunhadi (24) itu mengangkut 24 orang wisatawan dari Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat menuju Pulau Padar.

Puluhan wisatawan itu datang ke Pulau Padar untuk berwisata guna menikamti keindahan alam Pulau Padar yang terkenal esksotis itu.

Menurut Ardana, 24 orang wisatawan yang berhasil diselamatkan itu adalah Greg (40), Jimmy (29), Ovi (20), Veby (20), Tia (20), Yere (20), Chindy (20), Win (20), Liany (20), Egy (20), Arsyat (20), Ody (20), Ilen (20), Raymond (20) dan Evan (20).

Ia mengatakan, setelah Basarnas Labuan Bajo menerima laporan tentang adanya peristiwa kapal wisata yang karam di Pulau Padar, langsung mengerahkan tim penyelamat ke lokasi kejadian untuk melakukan upaya penyelamatan.

"Basarnas langsung mengerahkan tim penyelamat dilanjutkan proses evakuasi terhadap para korban," kata Ardana.

Menurut dia, sebanyak 24 orang wisatawan berhasil dievakuasi tim SAR gabungan dalam keadaan selamat menuju Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat.

Dalam operasi SAR terhadap penumpang kapal KLM Versace Jaya melibatkan unsur TNI AL, KP3L Labuan Bajo serta dibantu dua kapal wisata milik nelayan Labuan Bajo yaitu KLM Alfatar dan KLM Padaelo.

"Semua penumpang termasuk ABK dalam kondisi selamat," kata Ardana dan menambahkan sebelumnya pada tanggal 23 Juli 2017 lalu satu perahu yang ditumpang enam orang termasuk empat wisatawan manca negara tengelam di perairan Taka Makassar, Labuan Bajo.

Dalam peristiwa itu empat wisatawan yaitu Marsita (Malaysia), Hari (Inggris), Jordan (Amerika) dan Stela (Inggirs) berhasil diselamatkan tim Basarnas Labuan Bajo.