Liga Italia - Ronaldo cetak hattrick saat Juve gasak Cagliari 3-1

id Liga Italia, Juventus, Cagliari

Liga Italia - Ronaldo cetak hattrick saat Juve gasak Cagliari 3-1

Pemain Juventus asal Portugal Cristiano Ronaldo (kedua dari kiri) merayakan gol setelah mencetak gol keduanya dalam pertandingan Serie A Italia melawan Cagliari di Sardegna Arena di Cagliari, 14 Maret 2021. (AFP/ALBERTO PIZZOLI)

Hattrik ini juga sempurna karena Ronaldo melakukannya dengan kepala, kaki kanan dan kaki kirinya
Jakarta (ANTARA) - Cristiano Ronaldo melampiaskan rasa tidak puasnnya setelah gagal meloloskan Juventus dalam Liga Champions dengan tiga kali membobol gawang Cagliari untuk menciptakan hattrick sempurna dalam kurun waktu 32 menit guna mengantarkan Juventus menang 3-1 di kandang lawan di Sardegna Arena, Minggu malam waktu setempat.

Mengutip laporan football-italia, Bianconeri mati-matian memburu penyemangat setelah disingkirkan dari kompetisi Liga Champions oleh 10 pemain Porto yang memicu spekulasi bakal hengkangnya Ronaldo.

Paulo Dybala, Merih Demiral, Aaron Ramsey, Gigi Buffon dan Rodrigo Bentancur absen dalam laga tandang ini, sebaliknya Cagliari tak diperkuat striker Leonardo Pavoletti dan Charalampos Lykogiannis yang terkena larangan bermain, serta Riccardo Sottil dan Marko Rog yang cedera.

Untuk pertama kalinya, Juve menurunkan Federico Chiesa, Dejan Kulusevski, Cristiano Ronaldo dan Alvaro Morata sebagai starter secara berbarengan.

Hanya perlu waktu 10 menit untuk memecahkan kebuntuan ketika tendangan sudut Juan Cuadrado meluncur untuk mengarah ke kepala Ronaldo yang berdiri bebas untuk menanduk bola dari jarak enam yard.

CR7 kemudian mendapatkan kartu kuning karena pelanggaran yang membahayakan ketika berusaha menyambut umpan Chiesa sehingga kakinya mengenai muka Alessio Cragno. Beberapa pihak menyebut Ronaldo pantas dihadiahi kartu merah.

Finis yang dialirkan Morata terlalu lemah sehingga tempat mengarah penjaga gawang Cagliari Alessio Cragno. Pemain asal Spanyol itu kemudian mengumpan Ronaldo yang kemudian dilanggar sang penjaga gawang Cagliari sehingga penalti diberikan. Ronaldo sendiri yang mengonversinya sekalipun Cragno sempat menggapai bola.

Giorgio Chiellini berhasil mencegat bola untuk tidak disambar Joao Pedro yang berusaha menyambut umpan dari Radja Nainggolan.

Ronaldo lalu menuntaskan hattricknya setelah mengolah umpan dari Chiesa dengan sedikit memperdaya bek tengah Cagliari Daniele Rugani dan kemudian melepaskan tendangan yang masuk gawang lewat sudut atas gawang.

Hattrik ini juga sempurna karena Ronaldo melakukannya dengan kepala, kaki kanan dan kaki kirinya.

Alex Sandro cedera sehingga memberi kesempatan kepada Federico Bernardeschi untuk masuk bermain.

Pada babak kedua Cagliari sempat meminta penalti dengan alasan Juan Cuadrado menahan bola dengan tangan di kotak penalti namun wasit menilai hal itu terjadi tak sengaja sehingga mengabaikan permintaan Cagliari.

Baca juga: Liga Italia - Atalanta kembali ke empat besar usai gasak Spezia

Baca juga: Benamkan Atalanta, Inter kokoh di puncak klasemen


Tendangan bebas Alfred Duncan sempat memberi ujian kepada Wojciech Szczesny sebelum sang kiper terbang mementahkan tendangan Razvan Marin ke atas mistar gawang.

Cagliari menipiskan ketertinggalan lewat tendangan jarak dekat Giovanni Simeone, sedangkan Joao Pedro sempat memohon penalti namun kembali ditolak wasit.

Pemain pengganti Gaston Pereiro nyaris mengubah kedudukan menjadi 3-2 pada menit-menit terakhir, sebaliknya Ronaldo hampir menciptakan gol keempatnya kalau saja Cragno tak sigap membloknya.