Plan Indonesia bantu 1.196 KK korban bencana di Lembata

id NTT,Kabupaten Lembata,Badai Seroja,Korban bencana,bantuan bencana,Plan Internasional Indonesia

Plan Indonesia bantu 1.196 KK korban bencana di Lembata

Penyaluran bantuan bagi korban bencana badai siklon tropis Seroja di Kabupaten Lembata, NTT. (ANTARA/HO-Yayasan Plan Internasional Indonesia)

...Kampanye ini kita lakukan dengan berkunjung langsung ke rumah warga maupun memanfaatkan pengeras suara di setiap desa
Kupang (ANTARA) - Yayasan Plan Internasional Indonesia mencatat telah menyalurkan bantuan bagi 1.196 kepala keluarga (KK) terdampak bencana badai siklon tropis Seroja di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, hingga Juli 2021.

"Bantuan yang disalurkan berupa item paket non makanan untuk 1.196 KK terutama di bidang hunian, sanitasi dan air bersih," kata Manager Humanitarian and Resilience Program Yayasan Plan Internasional Indonesia Ida Ngurah dalam keterangan yang diterima di Kupang, Rabu, (11/8).

Ia menyebutkan jenis bantuan peralatan yang disalurkan bersama tim relawan setempat yaitu peralatan pertukangan, kelambu, paket kebersihan, dan paket manajemen kebersihan menstruasi bagi anak remaja.

Ida Ngurah menjelaskan saat ini sebagian besar pengungsi bencana di Lembata telah kembali menempati rumah-rumah kecil atau pondok yang ada di kebun masing-masing.

Namun demikian mereka masih membutuhkan dukungan atau upaya yang intensif untuk memastikan para penyintas bencana kembali ke kehidupan mereka secara optimal dan berdaya.

Oleh karena itu, kata dia, untuk membantu keluarga penyintas bencana khususnya anak-anak maka Plan Indonesia terus memberikan bantuan yang terfokus pada tiga sektor yakni pendidikan di masa darurat, perlindungan anak dan penyaluran air bersih dan sanitasi.

Khusus untuk bidang sanitasi, kata dia Plan Indonesia juga melakukan kampanye perilaku hidup bersih dan sehat bersama dengan pihak puskesmas setempat.

"Kampanye ini kita lakukan dengan berkunjung langsung ke rumah warga maupun memanfaatkan pengeras suara di setiap desa," katanya.

Baca juga: Plan Indonesia berikan bantuan nontunai ke 610 KK penyintas bencana

Plan Indonesia juga bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lembata melakukan promosi menggunakan videotron selama satu bulan dengan menampilkan materi promosi kebersihan.

Baca juga: Plan Indonesia gelar latihan penanganan sampah medis

Idah Ngurah menambahkan hingga saat ini pihaknya terus mendorong partisipasi publik melalui penggalangan dana bagi anak-anak Lembata lewat jejaring maupun kanal digital yaitu support.plan-international.or.id.