Satgas Pamtas RI-RDTL telah terima 144 senjata api dari warga

id satgas pamtas,ntt,ntt-timtim,yonarmed 6/3 Kostrad

Satgas Pamtas RI-RDTL telah terima 144 senjata api dari warga

Ratusan senjata yang diserahkan warga kepada Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Timor Leste Batalion Artileri Medan 6/3 Kostrad selama tujuh bulan terakhir sejak Maret 2021. ANTARA/HO-Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Timor Leste Batalion Artileri Medan 6/3 Kostrad

Senjata-senjata api itu terdiri dari 126 senapan Springfield, 18 pistol rakitan,
Kota Kupang (ANTARA) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Timor Leste telah menerima 144 senjata api dari warga Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Kupang dan Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Senjata-senjata api itu terdiri dari 126 senapan Springfield, 18 pistol rakitan," kata Perwira Penerangan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Timor Leste Batalion Artileri Medan 6/3 Kostrad, Letnan Dua Arm Panji Bagaskara, di Atambua, Kamis (23/9).

Ia mengemukakan hal itu, dalam percakapan dengan ANTARA melalui telepon genggam terkait banyaknya warga di wilayah perbatasan yang masih menyimpan senjata api setelah eksodus dari Timor Leste pada 1999.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-RDTL minta warga menyerahkan senjata api
Baca juga: Satgas Nemangkawi gerebek tempat penyimpanan senjata api untuk teroris KKB


Selain senjata api, mereka juga telah menerima 1.421 butir amunisi dan lima granat. "Sejak bertugas pada Maret hingga akhir September 2021 ini, kami telah menerima penyerahan ratusan senjata api dan ribuan amunisi serta granat dari warga. Semua senjata dan amunisi tersebut diserahkan kepada Korem 161/Wira Sakti untuk disimpan," kata dia.
 
Dokumentasi seorang warga perbatasan menyerahkan kepada salah seorang personil Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Timor Leste Batalion Artileri Medan 6/3 Kostrad beberapa waktu lalu.
ANTARA/HO-Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Timor Leste Batalion Artileri Medan 6/3 Kostrad


Menurut dia, penyerahan senjata dan amunisi oleh warga ini karena warga mulai merasa dekat dengan prajurit TNI AD yang bertugas di lapangan.

"Dengan keterlibatan personil pada kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat, diharapkan warga merasa dekat dengan personil TNI AD dan mau menyerahkan senjata yang mereka miliki," kata Bagaskara.