Ekspor ikan tenggiri ke Singapura meningkat

id tenggiri

Ekspor ikan tenggiri ke Singapura (ANTARA Foto/dok)

Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Kelas I Kupang mencatat ekspor ikan tenggiri dari Nusa Tenggara Timur ke negara tujuan Singapura meningkat hingga 663 kilogram pada Maret 2018.
Kupang (AntaraNews NTT) - Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Kelas I Kupang mencatat ekspor ikan tenggiri dari Nusa Tenggara Timur ke negara tujuan Singapura meningkat hingga 663 kilogram pada Maret 2018.

"Permintaan ikan tenggiri dari Singapura naik cukup tinggi pada Maret dibandingkan sebelumnya pada Februari 2018 sebanyak 162 kilogram," kata Kepala Stasiun KIPM Kelas I Kupang Jimmy Elwaren di Kupang, Jumat.

Selama tiga bulan pertama di 2018, pihaknya mencatat jumlah permintaan ekspor komoditi ikan tenggiri ke Singapura, masing-masing; Januari 122 kg, Februari 162 kg, dan Maret 663 kg.

Ia mengatakan, Singapura menjadi negara pembeli (buyer) yang lebih dominan meminati komoditi ikan tenggiri segar dari NTT dibandingkan sejumlah negara tujuan lain.

Seperti pada Maret 2018, permintaan ikan tenggiri hanya datang dari Singapura dengan nilai ekspor sebesar 2.435 dolar AS, dari sejumlah negara tujuan ekspor lainnya seperti Brunei Darusalam, China, Jepang, dan Timor Leste.

Baca juga: Ekspor ikan tenggiri ke Singapura meningkat
. Ekspor ikan tenggiri ke Singapura meningkat (ANTARA Foto/dok) 

"Terkait jumlah yang dikirim untuk setiap komoditi perikanan ini juga bervariasi tergantung kebutuhan dari negara pembeli setiap bulannya," katanya.

Stasiun KIPM Kupang mencatat, pada 2017 lalu total jumlah ikan tenggiri yang diekspor ke Singapura mencapai 17.543 kg dengan nilai sekitar 110.000 dolar AS.

Khusus untuk ekspor ke Singapura dilakukan melalui jalur udara sementara ke berbagai negara tujuan lainnya, umumnya melalui kapal laut dengan transit di Surabaya, Jawa Timur.

Selain ikan tenggiri, sejumlah jenis komoditi perikanan lainnya yang sering dikirim ke negara tersebut seperti ikan anggoli, kakap, dan tuna loin. "Namun dari semua komoditi ini kami mencatat yang lebih rutin diminta Singapura berupa jenis komoditi ikan tenggiri," katanya.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar