BMKG ajak masyarakat pahami jalur evakuasi bencana

id bmkg,susur jalur evakuasi,sekolah lapang gempa bumi,labuan bajo,manggarai barat,NTT

BMKG ajak masyarakat pahami jalur evakuasi bencana

Para peserta Sekolah Lapang Gempa Bumi Labuan Bajo melakukan aktivitas susur jalur evakuasi di beberapa ruas jalan Labuan Bajo, Kamis (11/11/2021).ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

...Masyarakat harus memahami jalur evakuasi agar mereka bisa evakuasi diri ke tempat aman dengan cepat
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengajak masyarakat untuk memahami jalur evakuasi bencana lewat papan jalur evakuasi.

"Masyarakat harus memahami jalur evakuasi agar mereka bisa evakuasi diri ke tempat aman dengan cepat sehingga bisa selamat dari bencana yang tidak tahu kapan terjadi tapi cepat datangnya itu," kata Staf Operasional Sub Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG M Harvan di Labuan Bajo, Kamis, (11/11).

Dia mengatakan, jalur atau evakuasi merupakan hal yang sangat penting dalam manajemen bencana tsunami. Bencana tsunami akan terjadi dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, pengetahuan tentang jalur evakuasi akan membantu masyarakat dari lokasi mereka ke lokasi aman dalam waktu yang cukup singkat.

Saat melakukan aktivitas susur jalur evakuasi di beberapa titik jalan di Labuan Bajo, Harvan melihat ada beberapa hal yang perlu diperbaiki ke depan. Pertama, beberapa titik penting seperti tikungan dan persimpangan jalan belum memiliki papan informasi bencana dan papan penunjuk arah evakuasi. Ketiadaan papan tersebut akan mengakibatkan para pendatang atau turis kesulitan menuju tempat evakuasi sementara atau tempat evakuasi akhir,

Selanjutnya, ada titik kumpul yang belum memiliki papan informasi titik kumpul. Selain itu, tempat evakuasi sementara dinilai cukup jauh oleh beberapa warga yang rumahnya terlampau jauh.

Atas beberapa catatan tersebut, Harvan berharap pemerintah daerah bisa menyediakan beberapa pilihan tempat evakuasi yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat. Dia juga berharap kegiatan serupa bisa direplikasi oleh pemangku kepentingan lain di Labuan Bajo guna penyebarluasan informasi terkait kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami.

"Kegiatan seperti susur jalur ini tidak boleh berhenti di sini saja. Pemerintah bisa kembali adakan kegiatan berikutnya sehingga masyarakat bisa melakukan upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana," harap Harvan.

Berdasarkan sejarah, perairan Labuan Bajo di Manggarai Barat dan Komodo pernah mengalami dua kali tsunami, yaitu pada 28 November 1836 dan 14 April 1855.

Oleh karena itu, BMKG mengajak masyarakat memahami jalur evakuasi ketika ada ancaman bencana tsunami yang terjadi nanti.

Baca juga: BMKG: waspadai curah hujan sangat tinggi di Flores bagian barat

Baca juga: BMKG ingatkan warga Alor waspada cuaca ekstrem