Pemkab Mabar - Binda NTT gelar vaksinasi COVID-19

id vaksinasi,covid-19,bin,flores,labuan bajo,manggarai barat,NTT

Pemkab Mabar - Binda NTT gelar vaksinasi COVID-19

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat dan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Nusa Tenggara Timur memberikan layanan vaksinasi bagi warga Desa Nggorang, Manggarai Barat, NTT, Senin (6/12/2021) (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...bersyukur karena masyarakat desa terlihat antusias datang menerima layanan vaksinasi tersebut
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat dan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Nusa Tenggara Timur melakukan percepatan layanan vaksinasi COVID-19 untuk mewujudkan kekebalan komunal dari penularan virus itu di Manggarai Barat.

"Layanan vaksinasi dosis satu dan dua ini diberikan untuk masyarakat Desa Nggorang, Kecamatan Komodo," kata Kepala Desa Nggorang Abubakar Sidik di Pasar Nggorang, Labuan Bajo, Senin, (6/12).

Sidik menyampaikan realisasi vaksinasi dosis satu di Desa Nggorang telah mencapai 80 persen dari target sasaran 800-an warga, sedangkan dosis dua telah mencapai 70 persen dari target.

Dia menyebut Binda bersama Dinas Kesehatan Manggarai Barat menyediakan 500 dosis vaksin untuk disuntikkan kepada warga desa yang berlokasi di Pasar Nggorang. Adapun jenis vaksin yang diberikan yakni vaksin Sinovac bagi penerima dosis satu dan vaksin AstraZeneca bagi penerima dosis dua.

Selaku aparat desa, Sidik tiada hentinya memberikan sosialisasi pentingnya vaksinasi bagi masyarakat. Dengan edukasi terus menerus, masyarakat pun tidak ragu untuk menerima vaksin.

Ia bersyukur karena masyarakat desa terlihat antusias datang menerima layanan vaksinasi tersebut.

Dia berharap, langkah pemerintah daerah bersama Binda dapat mempercepat capaian vaksinasi di Desa Nggorang. Dengan demikian, kekebalan kelompok dalam wilayah desa bisa segera terwujud.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat dan Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Nusa Tenggara Timur memberikan layanan vaksinasi bagi warga Desa Nggorang, Manggarai Barat, NTT, Senin (6/12/2021) (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Manggarai Barat Paskalina Kusumawati menjelaskan capaian vaksinasi dosis satu Manggarai Barat sudah menyentuh angka 76,9 persen per 5 Desember 2021 dari target sasaran vaksinasi sebanyak 202.827 jiwa.

Dia menyebut pemerintah daerah mengambil langkah mempercepat capaian vaksinasi dengan berupaya mendatangkan vaksin ke daerah super prioritas tersebut sehingga capaian vaksinasi Manggarai Barat secara umum maupun capaian per kategori sasaran penerima bisa segera mencapai 100 persen.

Paskalina mengaku optimistis tercapai target 100 persen vaksinasi COVID-19 Manggarai Barat pada akhir Desember 2021.

Baginya, target pemerintah tersebut merupakan motivasi bagi tenaga kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat sebagai instansi pelaksana vaksinasi.

Baca juga: Pemkab Sikka-Binda gelar vaksinasi COVID-19

Baca juga: Pemkot Kupang intensifkan vaksinasi COVID

Dia berharap, masyarakat memanfaatkan kesempatan layanan vaksinasi tersebut dan bisa melebihi target sasaran vaksin di hari ini.

Salah seorang warga Desa Nggorang, Erik Darwis (28), berterima kasih kepada Binda NTT dan Pemkab Manggarai Barat atas layanan vaksinasi.

Dia berharap, suntikan vaksin tersebut dapat memberikan kekebalan tubuh sehingga dia bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah pandemi.