Arus balik lebaran melalui laut diperkirakan pada H+4

id Pelabuhan

Arus balik lebaran melalui laut diperkirakan pada H+4

Arus balik Lebaran 2018 diperkirakan terjadi pada H+4 di Pelabuhan Tenau Kupang.

Layanan arus balik Lebaran di Pelabuhan Tenau mulai terjadi pada empat hari setelah (H+4) perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H.
Kupang (AntaraNews NTT) - Kepala Bidang Humas PT Pelindo III Tenau Kupang Willis Aji mengemukakan layanan arus balik Lebaran di Pelabuhan Tenau mulai terjadi pada empat hari setelah (H+4) perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

"Arus balik di Pelabuhan Tenau asumsinya mulai H+4 Lebaran atau Selasa (19/6) besok yang dilayani kapal Pelni," kata Willis Aji ketika dihubungi Antara di Kupang, Senin (18/6) terkait arus balik Lebaran 2018.

Ia menjelaskan, para penumpang arus balik memanfaatkan layanan penyeberangan kapal-kapal Pelni dengan rute yang teredia dari berbagai daerah di NTT menuju Kota Kupang maupun layanan kapal cepat antarpulau.

Sebelumnya, pihaknya mencatat jumlah penumpang yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tenau hingga H-1 Lebaran mencapai sebanyak 11.018 orang.

Sementara penumpang yang turun sebanyak 9.033 orang dengan total keseluruhan penumpang yang terlayani sebanyak 20.051 orang.

Baca juga: Artikel - Meneropong tradisi mudik dari NTT

Jumlah ini, lanjutnya, tercatat meningkat dibandingkan periode yang sama pada Lebaran 2017 lalu yakni penumpang yang naik 10.127 orang dan turun 8.405 orang.

Menurut Willis, aktivitas layanan penumpang arus mudik sebelumnya sudah berjalan dengan aman dan lancar yang didukung aparat keamanan TNI-Polri setempat yang tergabung dalam posko pengamanan Lebaran 2018.

Ia mengatakan, posko yang dikoordinasi Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tenau melibatkan berbagai stakholders di Pelabuhan Tenau ini akan diadakan hingga 15 hari setelah (H+15) Lebaran.

"Posko ini sudah diadakan pada H-15 Lebaran untuk memastikan arus mudik maupun arus bailik penumpang di Pelabuhan Tenau tetap berjalan aman dan lancar," katanya.

Baca juga: 8.575 pemudik melalui Pelabuhan Tenau Kupang