Kemenkumham NTT gelar bakti sosial bersama sejumlah instansi

id WBP, NTT, bakti sosial , vaksin covid-19,kemenkumham NTT

Kemenkumham NTT gelar bakti sosial bersama sejumlah instansi

Kakanwil Kemenkumham NTT Marciana D Jone (kanan) mendampingi Kapusdokkes Polri Irjen Pol Rusdianto saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Lapas Kelas IIA Kupang, Minggu (6/2/2022). FOTO ANTARA/HO-Kemenkumham NTT

Hal ini sejalan dengan tujuan kegiatan bakti sosial untuk bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya WBP. Program ini luar biasa
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 79 warga binaan pemasyarakatan (WPB) di Lempaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang, Nusa Tenggara Timur menerima vaksin COVID-19 untuk mencegah menyebarnya COVID-19 di lingkungan lapas, khususnya varian baru Omicron.

Kepala Kanwil Kemenkumham NTT Marciana D Jone kepada wartawan di Kupang, Minggu mengatakan bahwa ada sekitar 471 orang WBP di lapas itu, yang menerima vaksin pada Sabtu (5/2) adalah yang sebelumnya belum sempat divaksin.

"Jadi ini sisanya yang sebelumnya belum bisa vaksin dan kini baru divaksin," katanya saat memantau langsung kegiatan bakti sosial serentak kolaborasi antara FK KMK UGM, Kemenkumham, asosiasi RS TNI-Polri, BKKBN, YHKI, Koseindo dan komponen masyarakat lainnya.

Dalam bakti sosial itu, berbagai kegiatan dilakukan mulai dari vaksinasi COVID-19, penyuluhan kesehatan bagi WBP dan pengobatan massal bagi 135 orang.

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan Undang-undang No.39 Tahun 1999 tentang HAM telah mengamanatkan bahwa pemerintah wajib dan bertanggung jawab menghormati, melindungi, menegakkan, dan memajukan hak asasi manusia.

Salah satunya, memastikan hak-hak dasar masyarakat yang di dalamnya termasuk kesehatan dapat terpenuhi dengan baik.

“Hal ini sejalan dengan tujuan kegiatan bakti sosial untuk bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya WBP. Program ini luar biasa,” katanya.

Ia mengaku siap menindaklanjuti kerjasama dengan melakukan kegiatan serupa menyasar WBP pada lapas-lapas yang ada di luar Kota Kupang.


Baca juga: Kakanwil Kumham NTT lantik 160 PNS

Sementara itu, Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri Irjen Pol Rusdianto yang turut hadir memantau langsung pelaksanaan bakti sosial itu  mengapresiasi kolaborasi pencegahan COVID-19 serta peningkatan kesehatan WBP di lapas itu.

Baca juga: Marciana Jone ajak kepala upt tingkatkan performa di tahun 2022

Saat ini, katanya, bakti sosial difokuskan pada WBP di Lapas serta ikut berpartisipasi dalam rangka menekan penyebaran pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, bakti sosial salah satunya diisi dengan vaksinasi COVID-19 untuk melindungi para WBP dari paparan virus. Disamping pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan guna memberikan pengetahuan dan wawasan bagi WBP agar menerapkan pola hidup sehat.

“Kami berterima kasih kegiatan ini terlaksana dengan baik di Kupang walaupun cuaca hujan. Kami harapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk tahun-tahun kedepannya,” demikian Rusdianto.