PLN Flores imbau warga hindari infrastruktur listrik saat sedang hujan

id bahaya listrik,hindari bahaya listrik,bahaya listrik saat hujan,PLN UP3 Flores,PLN NTT,NTT,edukasi listrik

PLN Flores imbau warga hindari infrastruktur listrik saat sedang hujan

Pihak PLN UP3 Flores Bagian Timur menggelar sosialisasi tentang bahaya listrik bagi warga di Kelurahan Nangalimang, Kabupaten Sikka, NTT. (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT)

...Dengan peduli terhadap bahaya listrik, tidak saja menyelamatkan jiwa namun memberi kelancaran pasokan listrik bagi lingkungan sekitarnya
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Flores Bagian Timur mengimbau warga menghindari infrastruktur listrik saat hujan guna mencegah tersetrum listrik yang dapat mengancam keselamatan.

"Masyarakat perlu terus menjaga jarak aman terhadap infrastruktur listrik seperti jaringan tegangan rendah dan menengah, gardu distribusi, tiang listrik dan lainnya saat terjadi hujan," kata Manager PLN UP3 Flores Bagian Timur Saut P. Pandjaitan dalam keterangan yang diterima di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa, (15/3).

Ia mengatakan saat musim hujan seperti ini berpotensi banjir dan genangan air sehingga masyarakat jangan mendekati gardu distribusi, tiang listrik, dan kabel-kabel milik PLN.

Jika masyarakat mendapati kabel jaringan listrik PLN yang menjuntai, kata dia, diminta langsung melapor ke unit kerja PLN terdekat untuk ditangani dengan penerapan standar keselamatan.

Pihaknya juga terus menjaga keandalan jaringan listrik melalui inspeksi secara rutin saat musim hujan.

"Kalau ditemukan ada gangguan di lapangan langsung diperbaiki petugas kami, namun jika luput dari pantauan petugas dan ditemukan masyarakat maka silakan melapor ke petugas PLN," katanya.

Baca juga: PLN percepat pembangunan infrastruktur listrik dukung sektor pariwisata

Ia mengatakan imbauan seperti ini perlu disambut baik oleh masyarakat guna meminimalisasi kerugian atau bahaya yang mengancam keselamatan warga.

Saut juga mempersilakan masyarakat untuk bisa mengakses laporan potensi bahaya kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile atau pusat kontak PLN 123.

Baca juga: PLN segera aliri listrik ke dua desa di pelosok Manggarai Timur

"Dengan peduli terhadap bahaya listrik, tidak saja menyelamatkan jiwa namun memberi kelancaran pasokan listrik bagi lingkungan sekitarnya," katanya.

Pihaknya terus menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya listrik dalam berbagai kesempatan agar terbangun kesadaran masyarakat secara kolektif.