Askades Flores Timur sambut gembira Jokowi penuhi tuntutan kepala desa

id Akades Flores Timur,NTT,Flores Timur,aspirasi desa,dana desa,Presiden Jokowi

Askades Flores Timur sambut gembira Jokowi penuhi tuntutan kepala desa

Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Flores Timur Amiludin Lega (ketiga kanan). (ANTARA/Bernadus Tokan)

Pada prinsipnya kami bangga dan berterima kasih pada Bapak Presiden Jokowi karena semua harapan kami telah di terima
Kupang (ANTARA) - Asosiasi Kepala Desa (Askades) Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur menyambut gembira terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memenuhi sejumlah tuntutan para kepala desa dalam mendukung pembangunan di desa-desa di Tanah Air.

"Kami sangat berterima kasih hormat kepada Bapak Presiden Jokowi yang telah memenuhi tuntutan dan harapan para kepala desa, salah satunya menambah jumlah dana desa minimal Rp2 miliar-Rp5 miliar per tahun," kata Ketua Askades Flores Timur Amiludin Lega dalam keterangan yang diterima di Kupang, Kamis (31/3).

Ia mengatakan Presiden Jokowi telah mendengarkan dan menanggapi aspirasi dan tuntutan kepala desa dalam pertemuan bersama kepala desa se-Indonesia di Istora Senayan Jakarta, Selasa (29/3).

Selain menambah dana desa, kata di Presiden Jokowi juga menyetujui alokasi tiga persen Dana Desa untuk operasional desa.

Selain itu pembuatan laporan pertanggungjawaban yang dipermudah, serta pembayaran gaji kepala desa dan aparatur dilakukan setiap bulan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Semua aspirasi kepala desa dan aparat desa serta kepentingan masyarakat desa yang kami sampaikan dan juga bersama Akades dari berbagai daerah lainnya ke Pengurus Pusat Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia akhirnya disambut baik Presiden Jokowi," katanya.

Amiludin mengatakan tanggapan orang nomor satu di NKRI itu memberikan semangat baru bagi pemerintah desa di daerah untuk terus bekerja memajukan pembangunan di desa.

Askades Flores Timur, kata dia juga gencar berjuang untuk kepentingan pembangunan desa termasuk memperjuangkan hak-hak para kepala desa di Flores Timur di antaranya pencegahan dan penanganan masalah hukum pengelolaan Dana Desa melalui kerja sama dengan dengan Kejaksaan Negeri Larantuka.

Selain itu menjalankan program pemberdayaan ekonomi desa melalui kerja sama dengan Bank BRI Larantuka dalam hal mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR), pembangunan desa koperasi dengan menggandeng koperasi nasional Koperasi Kredit Swastisari dan beberapa.

"Pada prinsipnya kami bangga dan berterima kasih pada Bapak Presiden Jokowi karena semua harapan kami telah di terima" 

"Kami akan membangun desa dengan penuh tanggungjawab untuk kesejahteraan rakyat desa, kemajuan Flores Timur menuju Indonesia yang jaya," kata Amiludin Lega.