Pertamina-RS TNI AL gelar pengobatan gratis

id Pertamina

Pertamina-RS TNI AL gelar pengobatan gratis

Para petugas kesehatan sedang menangani seorang pasien dalam kegiatan bhakti sosial kerja sama Pertamina-RS TNI AL Samuel J. Moeda Kupang di Kupang, Jumat (10/8). (ANTARA Foto/istimewa)

Pertamina Kupang, Nusa Tenggara Timur bekerja sama dengan RS TNI AL Samuel J. Moeda Kupang, Jumat (10/8), menggelar pengobatan gratis kepada masyarakat Kota Kupang dan sekitarnya..
Kupang (AntaraNews NTT) - Pertamina Kupang, Nusa Tenggara Timur bekerja sama dengan RS TNI AL Samuel J. Moeda Kupang, Jumat (10/8), menggelar pengobatan gratis kepada masyarakat Kota Kupang dan sekitarnya.

Selain melakukan pengobatan gratis, juga melakukan khitanan gratis, layanan pasien bedah, dan bantuan untuk anak dari delapan sekolah yang mendapat promosi kesehatan gigi serta sikat gigi gratis.

Branch Marketing Pertamina Kupang Meridian mengatakan bakti sosial tersebut merupakan salah satu wujud tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat serta dalam rangka menyambut HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Dia mengatakan dalam pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis itu, tim dokter memeriksa 1.000 orang. Angka itu belum termasuk pasien khitanan gratis 200 orang, layanan KB, 50 orang pasien bedah, dan 400 anak dari delapan sekolah yang mendapat promosi kesehatan gigi dan sikat gigi gratis.

"Kegiatan bakti sosial tersebut berupa pelayanan pengobatan umum bagi 1.000 warga, operasi katarak, operasi skala minor dan sedang, khitanan massal serta promosi kesehatan gigi dan pemberian sikat gigi plus pasta gigi bagi 400 anak dari delalan sekolah di Kota Kupang," katanya.

Dia menambahkan bakti sosial ini bersinergi dengan TNI AL untuk membantu menyejahterakan masyarakat di Kupang dan wujud syukur 73 tahun kemerdekaan RI.

Baca juga: Pertamina Lubricants gelar pelatihan otomotif bagi pelajar di NTT
Ketua Organisasi Persatuan Wanita Patra MOR V, Erni Mutia Abdullah menyerahkan bantuan untuk posyandu kepada Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore di Kupang, Jumat (10/8). (ANTARA Foto/istimewa)
"Pertamina mengapresiasi kerja sama dengan TNI AL pada hari ini, tentu masyarakat Kupang menjadi target utama kami untuk turut serta memanfaatkan momen pengobatan, bahkan operasi gratis ini," katanya dan menambahkan untuk ke depannya, Pertamina akan kembali melaksanakan kegiatan CSR yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat.

Kegiatan pengobatan gratis dihadiri pula Penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon, para anggota Forkompimda NTT, Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VII Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, dan Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Bantuan ke posyandu
Pada kesempatan kegiatan pengobatan gratis itu, Pertamina juga memberikan bantuan kepada 14 pos pelayanan terpadu (posyandu) di Kota Kupang dan sekitarnya.

Bantuan itu antara lain berupa alat kesehatan, timbangan, alat tensi, peralatan check darah, meja dan kursi serta peralatan lainnya. "Pada kegiatan bakti sosial hari ini, selain melaksanakan pengobatan gratis, kami juga memberikan bantuan untuk posyandu berupa peralatan pendukung," kata Meridian.

Menurut dia, total bantuan yang diberikan kepada posyandu itu senilai Rp150 juta dari Rp760 juta yang dialokasikan untuk kegiatan sosial tersebut. Selain itu, ada bantuan sembako dan buku tulis 1.000 paket dari Hiswana Migas senilai Rp50 juta.

Meridian berharap, bantuan yang bersumber dari dana bantuan sosial Pertamina itu, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Kota Kupang dan sekitarnya.

Baca juga: Pertamina salurkan bantuan vokasi mekanik-pariwisata Rp3,2 miliar
Direktur SDM PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (ANTARA Foto/istimewa)