Ratusan umat Kristiani ikut Prosesi Logu Senhor di Sikka

id Jumat agung, sikka, prosesi logu senhor, NTT

Ratusan umat Kristiani ikut Prosesi Logu Senhor di Sikka

Peserta Logu Senhor berjalan dari bawah usungan peti Salib Senhor sambil memohonkan doa, Paroki St Ignatius Loyola, Sikka, NTT, Jumat (15/4/2022). ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

...Logu Senhor ialah upacara berjalan di bawah usungan Salib Senhor sambil membawa lilin yang bernyala di tangan sembari memohonkan intensi atau doa dalam hati
Maumere (ANTARA) - Ratusan umat Kristiani mengikuti Prosesi Logu Senhor yang dilaksanakan pada Hari Raya Jumat Agung di Paroki Santo Ignatius Loyola Sikka Keuskupan Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

"Karena kondisi pandemi, peserta dibatasi 500 orang dan terpenuhi sampai kemarin," kata Ketua Panitia Prosesi Logu Senhor Sikka 2022 Firminus Marianus di Sikka, Jumat, (15/4) malam.

Logu Senhor ialah upacara berjalan di bawah usungan Salib Senhor sambil membawa lilin yang bernyala di tangan sembari memohonkan intensi atau doa dalam hati.

Dalam prosesi Logu Senhor, para peserta mengikuti tiga Irmida, yakni Irmida I Yesus Dihukum Mati yang berlokasi di halaman depan Kantor Desa Sikka; Irmida II Simon dari Kirene Dipaksa Memikul Salib Yesus yang berlokasi di halaman Lepo Gete; dan Irmida III Yesus Wafat di Salib yang berlokasi di halaman depan Pastoran Paroki Sikka. Prosesi Logu Senhor dimulai pukul 19.00 Wita dan dipimpin oleh Uskup Maumere Mgr Edwaldus Martinus Sedu Pr.

Firminus mengatakan para peserta tidak hanya berasal dari dalam wilayah Kabupaten Sikka saja, tapi juga dari kabupaten lain dalam wilayah NTT, termasuk dari luar NTT yakni Jakarta. Para peserta juga mengenakan pakaian serba hitam dalam prosesi itu.

Upacara itu dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat dengan semua peserta dan umat memakai masker.

Firminus berharap pandemi COVID-19 dapat segera berlalu agar prosesi bisa diikuti oleh lebih banyak umat baik umat paroki, keuskupan, maupun dari berbagai wilayah di Indonesia.

Baca juga: Keuskupan Larantuka tiadakan perayaan Prosesi Semana Santa 2022

Baca juga: TRUK-F minta Mabes Polri ambil alih kasus empat anak hilang dari shelter