Duta Besar Vatikan untuk Indonesia kunjungi NTT

id duta besar vatikan,uskup agung kupang,umat katolik NTT

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia kunjungi NTT

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo (tengah) disambut oleh Gubernur NTT Viktor B Laiskodat (kanan) dan Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang saat tiba di Bandara El Tari Kupang pada Selasa (26/7/2022). (ANTARA/Kornelis Kaha)

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia datang ke Kota Kupang untuk menghadiri Pesta Perak Tahbisan Episkopal Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang Pr pada Rabu (27/7)...
Kupang (ANTARA) - Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo pada Selasa, (26/7/2022) mengunjungi Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk menghadiri acara syukuran 25 tahun imamat Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang.

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B Laiskodat, Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang, Ketua DPRD Provinsi NTT Emi Nomleni, Kepala Polda NTT Irjen Pol Setyo Budyanto, dan sejumlah pejabat daerah menyambut kedatangan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia di Bandara El Tari Kupang.

"Selamat datang di NTT," kata Gubernur, lalu menyelempangkan kain tenun ke pundak Duta Besar Vatikan untuk Indonesia.

Menurut Humas Pemerintah Provinsi NTT, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia datang ke Kota Kupang untuk menghadiri Pesta Perak Tahbisan Episkopal Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang Pr pada Rabu (27/7).

Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang Pr telah 25 tahun menggembalakan umat Katolik Keuskupan Agung Kupang pada 27 Juli 2022 dan untuk itu acara misa syukur akan digelar di Gereja Santa Maria Assumpta Kupang pada Rabu (27/7).

Menurut hukum gereja dalam Kitab Hukum Kanonik, seorang uskup diharapkan mengajukan pengunduran diri dari jabatan jika telah berusia 75 tahun atau sudah tidak bisa menjalankan tugas dengan baik karena alasan kesehatan atau alasan lain yang berat.

Atas dasar itulah Uskup Agung Kupang menulis surat pengunduran diri yang ditujukan kepada Paus Fransiskus di Vatikan.

Jika disetujui maka Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang akan menjadi Emeritus dan Paus Fransiskus akan menunjuk uskup baru bagi umat Katolik di Keuskupan Agung Kupang.

Baca juga: Perang Ukraina membayangi kebaktian Jumat Agung di Vatikan

Baca juga: Wartawan harus perkuat persatuan di tengah pandemi