Labuan Bajo Peroleh Penghargaan Terfavorit Dunia

id Labuan Bajo

Labuan Bajo Peroleh Penghargaan Terfavorit Dunia

Pesona Pantai Pink Labuan Bajo, Flores

"Award (penghargaan) tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata di Jakarta, Rabu (7/12)," kata Marius Ardu Jelamu..
Kupang (Antara NTT) - Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, memperoleh penghargaan sebagai daerah tujuan wisata terfavorit dunia versi hasil poling Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

"Award" (penghargaan) tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata pada Rabu (7/12) di Jakarta, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Marius Ardu Jelamu di Kupang, Kamis.

Ia menjelaskan, Labuan Bajo mendapat penghargaan itu setelah melalui seleksi yang dilakukan Kementerian Pariwisata dengan mengamati semua rekaman tempat pariwisata dunia dan domestik.

 Labuan Bajo akhir-akhir banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun internasional.

Ia menjelaskan, indikator pendukung menjadi destinasi wisata terfavorit adalah survei oleh CNN yang menyatakan Labuan Bajo merupakan tempat snorkeling terbaik ke-2 dunia setelah Raja Ampat.

Selain itu, Labuan Bajo juga memiliki banyak destnasi wisata seperti Pantai Pede yang indah, batu cermin, banyak pulau kecil, dan memiliki ikon utama yakni Komodo di Pulau Rinca dan Pulau Komodo, dan ada gua ular.

Ia juga menilai, keramatamahan masyarakat di Labuan Bajo juga menjadi faktor penentu dalam mendapatkan penghargaan itu.

Labuan Bajo juga memiliki Danau Sanonggoang, tempat wisata alam yang indah yang selama ini belum mendapat perhatian publik.

Dengan adanya penghargaan itu, pria yang pernah menjabat sebagai Plt Bupati Manggarai Barat tersebut mengaku akan terus membenahi sejumlah lokasi wisata di Labuan Bajo dan daerah lainnya.

Marius Ardu Jelamu berharap ada kerja sama dan sinkronisasi program antara Pemprov NTT dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai barat dalam pengembangan pembangunan sektor pariwisata.

Partisipasi masyarakat juga dinilai sangat penting dalam pembangunan sektor pariwisata.

"Kerja sama yang baik antara Pemprov NT, Pemkab Manggarai Barat dan masyarakat dapat menjadi faktor utama untuk terus mengembangkan sejumlah lokasi pariwisata," katanya.