Pelindo Gandeng Bulog Sediakan Gudang Sembako

id Pelindo

Pelindo Gandeng Bulog Sediakan Gudang Sembako

Pelindo III Kupang menggandeng Bulog NTT menyiapkan gudang sembako

Pengadaan gudang distribusi sembako tersebut untuk memotong mata rantai oknum tertentu yang selama ini memainkan harga barang dengan memanfaatkan jasa tol laut.
Kupang (Antara NTT) - PT Pelindo III Cabang Kupang segera menggandeng Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Nusa Tenggara Timur untuk menyediakan gudang distibusi sembako di daerah yang disinggahi kapal tol laut.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Bulog untuk pengadaan gudang distribusi sembako di daerah persinggahan tol laut seperti Kupang, Rote, Sabu, Lewoleba, Larantuka, dan Waingapu," kata General Manager PT Pelindo III Cabang Kupang Boy Rubyanto kepada wartawan di Kupang, Senin.

Dia mengatakan, pengadaan gudang distribusi sembako tersebut untuk memotong mata rantai oknum tertentu yang selama ini memainkan harga barang dengan memanfaatkan jasa tol laut.

Boy menjelaskan, setelah melakukan survei di lapangan, pihaknya menemukan bahwa pemanfaatan tol laut justeru memperkaya pengusaha-pengusaha di daerah.

Para pengusaha, lanjutnya, mendapatkan harga transportasi yang murah melalui tol laut, tetapi barang-barang tersebut ditimbun kemudian dijual kembali dengan harga lama.

"Setelah kita selidiki muncul semacam kartel-kartel pengusaha dan harga jual barang pun sudah disepakati," katanya pula.

Dia mengatakan, kondisi tersebut muncul di daerah-daerah persinggahan tol laut terutama di Rote dan Sabu yang harga barang kebutuhan masih sangat tinggi.

Untuk itu, katanya, pada titik daerah yang dilalui tol laut diadakan gudang distibusi sembako bekerja sama dengan Bulog serta di sektor perikanan dengan Perindo (Perikanan Indonesia).

Dia mengatakan, pihak Bulog juga sudah memiliki program "Rumah Pangan Kita" yang nanti akan digabungkan dengan program "Rumah Kita" dari Pelindo.

"Dalam program Rumah Kita ini khusus untuk sembako kita buatkan gudang distribusi untuk mengatasi kartel-kartel yang selama ini memainkan harga barang di daerah persinggahan tol laut," katanya.

Dia mengatakan fokus utama untuk pengadaan gudang distribusi sembako tersebut akan dilakukan di Rote dan Sabu yang kondisi harga barangnya masih jauh lebih tinggi dibandingkan daerah lain.

"Bulog yang akan mendistribusikan barang-barang sembako langsung ke masyarakat dan didukung dengan tol laut yang sudah ada," katanya.

Dia menjelaskan, para pengusaha yang selama ini menguasai harga-harga barang akan akan ditangani melalui penyediaan barang-barang kebutuhab dengan harga murah dengan dukungan biaya transportasi yang murah pula.

"Jadi yang menyuplai barang nantinya dari BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri dengan tujuan menstabilkan harga sembako terutama di Kawasan Indonesia Timur," kata Boy Rubyanto.